Google Perkenalkan Folder Trash di Android 11, Apa Fungsinya?
TEMPO.CO | 14/06/2020 18:23
Ilustrasi sistem operasi Android 11. ANTARA/Ardika/am.
Ilustrasi sistem operasi Android 11. ANTARA/Ardika/am.

TEMPO.CO, Jakarta - Google memperkenalkan folder trash di sistem operasi Android 11. Folder ini bisa digunakan sebagai tempat pembuangan sampah sementara, memungkinkan foto atau berkas yang sudah dihapus diselamatkan kembali jika ternyata dibutuhkan kembali. 

Sistem operasi ini belum diluncurkan namun Google sudah membuka akses untuk versi beta Android 11. Dikutip dari laman 9to5google, ketika sebuah foto atau berkas dihapus, atau tidak sengaja terhapus, ia akan masuk ke folder trash

Sistem ini belum ditemukan di Android yang saat ini beroperasi. Saat ini ketika sebuah berkas dihapus atau terhapus, maka akan otomatis hilang dari perangkat.

Cara kerja folder trash pada Android 11 mirip dengan recycle bin, tong sampah, di perangkat Windows. Tapi, sampah Android tidak akan punya folder khusus seperti di Windows, melainkan akan tersembunyi misalnya melalui aplikasi File Manager.

Berkas yang masuk ke folder trash akan tersimpan selama tujuh atau 30 hari, sebelum akhirnya benar-benar dihapus dan hilang dari perangkat. Berkas yang sudah dibuang dan masuk tempat pembuangan sementara itu juga akan tersembunyi dari perangkat. 

Menurut informasi yang beredar, kemampuan ini sudah ada sejak Android 11 Developer Preview dibuka beberapa bulan lalu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT