Ujian Online SIMAK UI Gelombang Dua Diikuti 64.250 Peserta Dalam dan Luar Negeri
TEMPO.CO | 06/08/2020 04:32
Universitas Indonesia. wikipedia.org
Universitas Indonesia. wikipedia.org

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 64.250 peserta mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI 2020 untuk program pendidikan vokasi dan sarjana yang digelar Rabu 5 Agustus. Peserta ujian berasal dari dalam dan luar negeri yakni Korea Selatan, Qatar, Saudi Arabia, dan Thailand.

Ini adalah SIMAK UI gelombang kedua. Sebelumnya, telah dilaksanakan Ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional pada pada 19 Juli lalu dan S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3 dan Pasca Sarjana pada 26 Juli 2020 yang juga dilakukan secara daring.

Secara keseluruhan, program studi yang dibuka pada SIMAK UI 2020 bagi lulusan SMA/Sederajat adalah 13 program studi Vokasi (D3), 64 program studi Sarjana Reguler, 35 program studi Sarjana Paralel, dan 16 program studi Sarjana Kelas Internasional. Hasil ujian akan diumumkan pada 22 Agustus 2020 secara online melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id. 

Juru bicara UI, Amelita Lusia menyebutkan pelaksanaan ujian online agar seluruh peserta di berbagai wilayah di Indonesia dapat berkesempatan mengikuti seleksi, tanpa harus bertandang ke lokasi ujian karena pandemi Covid-19. Ujian menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) di mana setiap peserta dapat mengikuti tes menggunakan ponsel, tab, laptop, komputer, untuk mengakses laman tes SIMAK UI tersebut. 

SIMAK UI Gelombang 2 ini menggunakan web browser yang menyimpan cache, sehingga jawaban dari soal yang telah terisi masih tersimpan dan dapat diterima pada saat jaringan kembali stabil. "Panitia SIMAK UI juga mengerahkan tim pengawas melalui webcam/kamera smartphone untuk mengawasi berjalannya ujian," kata Amelita melalui keterangan pers, Rabu 5 Agustus 2020.

Daya tampung yang tersedia pada SIMAK UI Gelombang 2 tahun 2020 sebanyak 2.744 untuk S1 Reguler, 674 untuk S1 Paralel, 392 untuk kelas Internasional, 410 untuk Vokasi (D3), dan 216 untuk S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3. Peserta di program ini diperkenankan memilih lebih dari satu hingga maksimal enam program studi dengan sekali pendaftaran dan ujian.

SIMAK UI 2020 merupakan penyelenggaraan yang ke-12 kali sejak pertama dilaksanakan pada 2009. SIMAK UI adalah program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua program pendidikan dari jenjang Vokasi (Diploma 3), Sarjana (S1) Kelas Reguler, Paralel, Sarjana Kelas Internasional, Sarjana Kelas Ekstensi/Paralel bagi lulusan D3, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3).

Materi seleksi SIMAK UI pada Vokasi dan Sarjana adalah Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua Jurusan ditambah dengan Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia (Kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (Kemampuan IPS).

Sedangkan materi seleksi SIMAK UI Kelas Internasional adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science) untuk pemilih program studi IPA dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk pemilih program studi IPS, di samping syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu. Adapun materi seleksi program pasca sarjana dan profesi adalah Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT