Angkatan Laut Amerika punya Kapal Mungil Boomin Beaver, Apa Fungsinya?
TEMPO.CO | 29/08/2020 22:29
Boomin Beaver. boredpanda.com
Boomin Beaver. boredpanda.com

TEMPO.CO, Jakarta - Sebuah tugboat atau kapal penarik seukuran panjang truk pickup dua kabin Ford F-150 menjadi buah bibir di di media sosial di Amerika Serikat belum lama ini. Banyak yang menyebutnya sebagai kapal terkecil di Angkatan Laut Amerika Serikat.

Memiliki panjang 5,8 meter, kapal itu bernama 'Boomin Beaver' dari kelas security tugboat. Kapal mungil dan bertenaga ini awalnya dibuat untuk menggembalakan kayu-kayu gelondongan melalui kanal. Tapi di Angkatan Laut, mereka menjadi multifungsi: menarik kapal kecil dan membuat pagar keamanan terapung memastikan kapal perusak, kapal selam dan bahkan kapal induk aman selama bersandar dan tidak didatangi tamu tak diundang.

Kapal penarik ini pertama kali muncul di situs web Reddit di awal pekan ini. Seorang pengguna Reddit mengidentifikasinya sebagai kapal khusus yang beroperasi di Point Loma Sub Base di California. Di sana, dia mengatakan, fungsi kapal mungil itu untuk menjaga keamanan kawasan.

"Pagar di perairan di pangkalan angkatan laut itu tidak bergerak sendiri. Mereka seperti membuka-tutup pintu pagar untuk ke luar-masuk ternak," tulisnya.

Nyatanya, keberadaan Boomin Beavers juga bisa didapati melalui Google Maps di USS Constitution Museum di Boston. Seperti yang terlihat, fungsinya mengoperasikan pagar terapung yang mengelilingi kapal perang tertua di Angkatan Laut AS itu.

Boomin Beaver yang lain juga bisa dilihat di beberapa pangkalan Angkatan Laut Amerika lainnya termasuk Naval Base Kitsap Bangor dan Naval Base San Diego. Juga di Norfolk dan Georgia.

Seluruhnya sama, berlokasi dekat jaring keamanan terapung yang terdeteksi dari gambar buoy yang saling terkoneksi. Jaring menyediakan tanda peringatan 'do not cross' untuk menjauhkan kapal-kapal lokal dari kapal perang yang mereka jaga yang bernilai miliaran dolar Amerika.

Baca juga:
Kapal Perang Amerika Cegat Narco Subs, Kapal Selam Kartel Narkoba

Satu di antara kapal mungil itu pernah muncul juga dalam lelang oleh pemerintah pada 2006. Deskripsi yang diberikan saat itu terdiri dari panjang 5,8 meteri, lebar 3,0 meter dan bisa beroperasi di kedalaman air minimal 1,5 meter. Mesinnya dicantumkan diesel Cummins 6BTA5.9 yang mampu memberi tenaga 260 hp.

Tawaran tertinggi yang datang kala itu sebesar $100,025 atau setara Rp 1,45 miliar. Harga yang cukup tinggi untuk ukuran kapal sekecil itu.

POPULAR MECHANICS | NATIONAL INTEREST


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT