Mobil Tes Swab Covid-19 BPPT Bisa Periksa 600 Spesimen Per Hari
TEMPO.CO | 31/08/2020 00:01
Doni Monardo meninjau mobil Lab Bio Safety Level 2 (BSL-2). (Foto: YouTube BNPB)
Doni Monardo meninjau mobil Lab Bio Safety Level 2 (BSL-2). (Foto: YouTube BNPB)

TEMPO.CO, Tangerang Selatan - Dalam mendukung upaya penanganan penyebaran dan peningkatan virus Covid-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan tren penurunan, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menciptakan inovasi Mobile Laboratory Biosafety Level-2 (BSL-2).

"Mobil ini ditempatkan di pelataran Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Tangerang Selatan, yang kemudian diserahkan ke PT Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai bantuan kepada Yayasan BUMN untuk membantu penanganan Covid-19, khususnya tes usap PCR (swab test) dengan cepat khususnya di wilayah Tangerang Selatan," kata Kepala BPPT Hammam Riza, dalam keterangan tertulisnya, Ahad 30 Agustus 2020.

Menurut Hammam, Mobile Lab BSL-2 BPPT saat ini merupakan fasilitas yang penting untuk mendukung percepatan pengujian sampel terduga Covid-19 dengan kapasitas pengujian hingga 600 sampel per 24 jam.

"Diharapkan mobile lab BSL-2 BPPT ini dapat meningkatkan kapasitas pengujian sampel terduga Covid-19 di Indonesia. Salah satu kunci penanganan wabah Covid-19 di Indonesia adalah peningkatan kapasitas tracing melalui peningkatan jumlah pengujian sampel terduga Covid-19," ujarnya.

Mobile Lab BSL-2 ini, kata Hammam, dibangun dengan berdasarkan tiga konsep, yakni mobile, aman dan akurat, serta telah divalidasi oleh Asosiasi Biorisiko Indonesia.

Sementara Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany menyampaikan ungkapan terima kasih atas keberadaan fasilitas Mobile Lab BSL-2 di wilayahnya.

"Semua pihak harus beriringan menghadapi penyebaran virus Covid-19. Di hilir pemerintah berkewajiban memastikan sarana dan prasarana terpenuhi. Sedangkan di hulu, adalah bagaimana membuat masyarakat berdisiplin," singkatnya.

Mobile Lab BSL-2 dibangun dengan memanfaatkan container 20 feet, laboratorium disain untuk dua ruangan, yaitu anteroom dan main room, yang dilengkapi dengan negative pressure dan sistem interlock. Fasilitas Biosafety Cabinet, Autoclave dan PCR, serta peralatan pendukung lain menjadikan Lab BSL-2 ini telah memenuhi bersyaratan Biosatey Level 2 plus (BSL-2 enhance).

"Dengan sistem yang diterapkan dan tipe reagen yang digunakan, Mobile Lab BSL-2 ini mempunyai kapasitas pemeriksaan swab hingga 600 spesimen per 24 jam, dilengkapi dengan dua swab chamber," tambah Hammam.

MUHAMMAD KURNIANTO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT