Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Potensi Gempa Megathrust, Covid-19, Xiaomi Mi 10T
TEMPO.CO | 29/09/2020 19:38
Tim Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami 2019 BNPB memasang rambu peringatan tsunami di kawasan wisata Pantai Tambak, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, 19 Juli 2019. (Instagram/BNPB)
Tim Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami 2019 BNPB memasang rambu peringatan tsunami di kawasan wisata Pantai Tambak, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, 19 Juli 2019. (Instagram/BNPB)

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang adanya potensi gempa besar dari segmen megathrust di balik potensi tsunami dari laut di selatan Jawa. Temuan potensi tsunami itu, ketinggian maksimum 20,2 meter di dekat pulau-pulau kecil sebelah selatan Banten dan 11,7 meter di Jawa Timur, mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat belakangan ini.

Berita terpopuler selanjutnya tentang Malaysia mengalami lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 dalam dua minggu terakhir. Berdasarkan situs Worldometers, telah tercatat lebih dari 11 ribu kasus positif dan 134 di antaranya meninggal di negara itu per artikel ini dibuat, Selasa 29 September 2020.

Selain itu, Xiaomi akan meluncurkan tiga smartphone terbaru Mi 10T Lite, Mi 10T, dan Mi 10T Pro besok, Rabu 30 September 2020. Beberapa spesifikasi smartphone itu sudah bocor, salah satunya kamera yang akan hadir dengan sensor utama 64 MP, dan bahkan 108 MP untuk yang model Pro.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Gempa Megathrust di Balik Potensi Tsunami, Ini Peta dan Kekuatannya

Tim Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami 2019 BNPB memasang rambu peringatan tsunami di kawasan wisata Pantai Tambak, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, 19 Juli 2019. (Instagram/BNPB)

Ada potensi gempa besar dari segmen megathrust di balik potensi tsunami dari laut di selatan Jawa. Temuan potensi tsunami itu, ketinggian maksimum 20,2 meter di dekat pulau-pulau kecil sebelah selatan Banten dan 11,7 meter di Jawa Timur, mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat belakangan ini.

Seperti diketahui, potensi gempa dan tsunami itu didapat dari hasil riset atas jalur sepi gempa (seismic gap) di Samudera Indonesia selatan Jawa. Zona defisit slip segmen megathrust di selatan Jawa Barat setara dengan akumulasi energi gempa bermagnitudo 8,9, dengan asumsi periode ulang gempa 400 tahun sesuai dengan hasil penelitian sebelumnya.

Untuk periode ulang yang sama, zona dengan defisit slip tinggi di segmen megathrust di bagian timur (selatan Jawa Timur) setara dengan gempa bermagnitudo 8,8. Sedangkan jika kedua zona defisit slip tersebut pecah dalam satu kejadian gempa, maka diperhitungkan menghasilkan gempa dengan kekuatan sebesar Mw 9,1.

Potensi gempa megathrust di Indonesia bukan hanya dari dua segmen di atas. Sebelumnya, sejumlah potensi sejenis telah diungkap di selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat dan barat Sumatera. Termasuk yang dibayangi dampak gempa megathrust itu adalah wilayah ibu kota, Jakarta.

2. Klaster Pilkada dan Mal Lonjakkan Kasus Covid-19 di Malaysia

Suasana jalanan yang semakin ramai ketika Malaysia membuka kembali sebagian besar bisnis, setelah pelonggaran aturan lockdown untuk membendung penyebaran virus coroa Covid-19, di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 4 Mei 2020. REUTERS/Lim Huey Teng

Malaysia mengalami lonjakan jumlah kasus positif Covid-19 dalam dua minggu terakhir. Berdasarkan situs Worldometers, telah tercatat lebih dari 11 ribu kasus positif dan 134 di antaranya meninggal di negara itu per artikel ini dibuat, Selasa 29 September 2020.

Lonjakan kasus terbanyak disumbang dari Sabah yang baru saja menggelar pemilihan umum di daerah setempat. Negara bagian yang ada di Borneo itu melaporkan 124 dari 150 kasus baru, plus satu kematian, sepanjang Minggu 27 September 2020.

Kementerian Kesehatan Malaysia, pada Senin 28 September 2020, menyatakan Sabah menjadi episenter baru wabah infeksi virus corona di negara itu. Mereka memetakan adanya dua klaster penularan baru di Sabah dan satu di Kuala Lumpur.

Selain itu, "Ada setidaknya 15 orang terkonfirmasi positif di negara bagian lain setelah bepergian dari Sabah."

3. Xiaomi Mi 10T Dirilis Besok, Kamera Sampai 108 MP Harga 12 Juta?

Xiaomi Mi 10 Ultra. (blog.mi.com)

Xiaomi akan meluncurkan tiga smartphone terbaru Mi 10T Lite, Mi 10T, dan Mi 10T Pro besok, Rabu 30 September 2020. Beberapa spesifikasi smartphone itu sudah bocor, salah satunya kamera yang akan hadir dengan sensor utama 64 MP, dan bahkan 108 MP untuk yang model Pro.

Lainnya adalah Mi 10T Pro akan memiliki opsi penyimpanan 256 GB, sedang Mi 10T memiliki 128 GB. Belum ada informasi untuk Mi 10T Lite. Seluruhnya dikabarkan sama tertanam di dalamnya chip Snapdragon 865, bahkan di pasar beberapa negara akan ditambah dengan modem 5G.

Dari segi RAM, Xiaomi akan memasang kapasitas 8 GB LPDDR5, dengan penyimpanan yang terbaru di pasaran, UFS 3.1. Layarnya memggunakan LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi 1080p, rasio aspek 20: 9 dan refresh rate 144Hz. Ada pula fitur sensor sidik jari ditempatkan di samping, yang juga berfungsi ganda sebagai tombol power.
Ads by Kiosked

Baterai pada Xiaomi Mi 10T dan Xiaomi Mi 10T Pro sama yakni 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 33 W. Dibekali juga dengan Bluetooth 5.1 dan Wi-Fi 6, merek asal Cina itu juga memiliki blaster IR, tapi tidak ada jack audio 3,5 mm.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT