Aplikasi Percakapan Hi App Resmi Meluncur, Simak Fitur Uniknya
TEMPO.CO | 20/10/2020 19:52
Aplikasi pesan instan Hi App buatan lokal. Aplikasi ini akan diluncurkan 20 Oktober 2020. (ANTARA/HO)
Aplikasi pesan instan Hi App buatan lokal. Aplikasi ini akan diluncurkan 20 Oktober 2020. (ANTARA/HO)

TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi percakapan buatan lokal, Hi App, resmi diluncurkan dan sudah bisa diunduh Google Play Store dan App Store, Selasa 20 Oktober 2020. Hi App menawarkan diri sebagai aplikasi komunikasi sosial multifungsi dengan sejumlah fitur yang unik.

Product Specialist PT. Hello Kreasi Indonesia, pengembang Hi App, Fanny Febriani Susilo, mengatakan, fitur-fitur yang bisa dinikmati pengguna diantaranya adalah penerjemah Bahasa Inggris-Indonesia. Fitur ini dianggap penting karena menilai ada keterbatasan bahasa yang kadang dialami orang Indonesia saat berkomunikasi dengan orang asing. 

"Kami coba mengembangkan fitur ini mengingat orang Indonesia saat ini juga berinteraksi dengan orang-orang asing, begitupun sebaliknya,” kata Fanny dalam keterangan tertulis, Selasa.

Untuk chat organizer, Fanny menjelaskan, Hi App membuatnya berbeda dengan memisahkan ruang obrolan personal dan grup. Menurut Fanny, hal ini disesuaikan dengan karakteristik orang Indonesia yang sifatnya cenderung komunal dan gemar berbincang-bincang serta berbagi informasi di grup.

Pemisahan ruang percakapan personal dan grup dianggap akan mempermudah pengguna dalam berinteraksi. "Misalnya, pengguna ingat pernah bahas topik A di grup, tapi dia lupa di grup mana, maka fitur ini bisa mempercepat pengguna melakukan pencarian karena ada pemisahan ruang obrolan personal dan grup,” ujar Fanny.

Hi App juga mendukung keleluasaan pengguna dalam berbagi file berupa dokumen, foto, dan video di ruang obrolan personal maupun grup. Ukuran maksimal dari setiap file yang bisa dibagikan ke sesama pengguna adalah 100 Megabyte (MB). Selain itu, ada pula fitur light mode dan dark mode yang disediakan untuk mendukung kenyamanan pengguna Hi App.

Untuk keamanan, pengembang Hi App menjamin perlindungan data dan privasi pengguna. Hi App dan pihak ketiga dipastikan Fanny tidak dapat membaca obrolan dan semua file yang dibagikan pengguna. "Aplikasi ini menggunakan end-to-end encryption secara default untuk setiap pesan yang dikirimkan dan tidak pernah menyimpan pesan pengguna di peladen dalam format biasa."

Untuk melindungi akun pengguna dari pihak asing dan akses tidak sah, Hi App juga menerapkan sistem identitas end-to-end yang aman dengan menggunakan otentikasi nomor telepon melalui verifikasi One Time Password (OTP).

Baca juga:
Songsong Sumpah Pemuda, Aplikasi Palapa Siap Menantang WhatsApp

Hi App juga dirancang seringan mungkin sehingga bisa berjalan lancar dalam berbagai jenis smartphone pada tingkatan low-end hingga high-end. Aplikasi ini sudah bisa dipasang pada ponsel dengan sistem operasi minimum Android 5.1 Lollipop dan iOS 11.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT