Gempa Getarkan Poso Malam Ini, di Luwu Timur Dua Petang Beruntun
TEMPO.CO | 23/10/2020 22:49
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi

TEMPO.CO, Jakarta - Gempa darat menggoyang Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Jumat malam ini, 23 Oktober 2020. Gempa berkekuatan 4,3 dalam Skala Magnitudo itu bersumber dari lokasi 15 kilometer selatan Tomata dengan kedalaman 10 kilometer atau tergolong dangkal.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat gempa itu terjadi pukul 21.18 WIB. Dampak dari gempa itu disebutkannya bisa dirasakan di Morowwali Utara, Morowali, dan Poso dengan intensitas III Skala MMI. Itu artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu.

Beberapa jam sebelumnya, tepatnya pukul 18.38 WIB, gempa lebih lemah juga direkam BMKG menggetarkan bumi Sulawesi. Seperti dikutip dari witus web BMKG, gempa itu sama bersumber di darat, kedalamannya juga sama 10 kilometer, tapi lokasi episentrum berbeda, yakni 20 kilometer timur laut Luwu Timur, Sulawesi Selatan. 

Baca juga:
Di Sigi, Gempa Mengguncang dari Bawah Lindu

Gempa terukur berkekuatan 2,8 M dan dampak guncangan skala II MMI dirasakan di Sorowako. Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 4,0 M juga terjadi di kawasan ini, dengan intensitas getaran skala III MMI. Waktunya juga mirip yakni pukul 18.08 pada Kamis lalu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT