Top 3 Tekno Berita Hari Ini: 1.000 Komodo Dipasangi Chip, Gempa, iPhone 12 Mini
TEMPO.CO | 29/10/2020 20:39
Dua ekor Komodo (Varanus Komodoensis) penghuni Pulau Komodo sedang berjalan di pinggir salah satu restoran di pulau itu, Manggarai Barat, NTT, Selasa 20 Januari 2020. (Antara Foto/Kornelis Kaha)
Dua ekor Komodo (Varanus Komodoensis) penghuni Pulau Komodo sedang berjalan di pinggir salah satu restoran di pulau itu, Manggarai Barat, NTT, Selasa 20 Januari 2020. (Antara Foto/Kornelis Kaha)

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang sekitar 1.000 ekor komodo di Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah dipasangi chip untuk mempermudah pemantauan populasinya. Mereka berasal dari 3.022 ekor hasil pendataan per 2019.

Berita terpopuler selanjutnya tentang gempa berkekuatan 5,7 dalam skala Magnitudo mengguncang dari laut, 93 kilometer sebelah tenggara Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, Rabu 28 Oktober 2020. Gempa yang terjadi pada Pukul 16.08 WIB itu beruntungnya hanya terasa lemah di permukaan, tepatnya di Kotamobagu dan Manado.

Selain itu, setelah meluncurkan dua ponsel berukuran identik - iPhone 12 dan 12 Pro - minggu lalu, Apple selanjutnya akan mulai melakukan preorder untuk iPhone 12 mini dan iPhone 12 Pro Max pada 6 November.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. KLHK Sebut 1.000 Komodo di Taman Nasional Telah Dipasangi Chip

Dua ekor Komodo (Varanus Komodoensis) penghuni Pulau Komodo sedang berjalan di pinggir salah satu restoran di pulau itu, Manggarai Barat, NTT, Selasa 20 Januari 2020. (Antara Foto/Kornelis Kaha)

Sebanyak sekitar 1.000 ekor komodo di Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah dipasangi chip untuk mempermudah pemantauan populasinya. Mereka berasal dari 3.022 ekor hasil pendataan per 2019.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Wiratno, mengatakan pemantauan sudah berjalan 15 tahun bersama Komodo Survival Program dan Balai Taman Nasional Komodo.

"Jadi dari sekian ribu komodo ini, 1.000 sudah dipasangi chip. Itu untuk pantau apakah termasuk komodo lama atau baru," ujar Wiratno dalam keterangan tertulis, Rabu 28 Oktober 2020.

Selain di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, populasi satwa endemik ini ada di Pulau Padar (7 ekor), Gili Monang (69), dan Nusa Konde (91). Wiratno mengatakan terdapat sekitar 70 lembah di Taman Nasional Komodo yang memiliki total luas 173.300 hektare tersebut. Sebanyak 40 lembah ada di Pulau Komodo dan 30 sisanya ada di Pulau Rinca.

2. Rentetan Gempa di Sulawesi, Hari Ini Giliran Mamuju dan Manado

Ilustrasi gempa. REUTRES

Gempa berkekuatan 5,7 dalam skala Magnitudo mengguncang dari laut, 93 kilometer sebelah tenggara Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara, Rabu 28 Oktober 2020. Gempa yang terjadi pada Pukul 16.08 WIB itu beruntungnya hanya terasa lemah di permukaan, tepatnya di Kotamobagu dan Manado.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG mencatat sumber gempa itu berada di kedalaman 10 kilometer. Intensitas getarannya termasuk skala II MMI atau hanya dirasakan sebagian orang dan ditandai dengan benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa itu merangkai rentetan gempa sepanjang hari ini di Sulawesi atau hampir setiap hari sejak seminggu belakangan di pulau yang sama. Sebelumnya, pada Rabu subuh dan pagi, dua gempa juga mengguncang wilayah Mamuju, Sulawesi Barat. Masing-masing berkekuatan 5,4 dan 5,0 M dengan intensitas getaran yang bisa dirasakan di permukaan lebih tinggi, yakni hingga skala V MMI.

Getaran dengan intensitas skala itu diilustrasikan dengan gempa dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

3. Mungilnya iPhone 12 Mini

iPhone 12 mini. Kredit: George Buhnici/YouTube

Setelah meluncurkan dua ponsel berukuran identik - iPhone 12 dan 12 Pro - minggu lalu, Apple selanjutnya akan mulai melakukan preorder untuk iPhone 12 mini dan iPhone 12 Pro Max pada 6 November.

Jika Anda tertarik pada iPhone 12 Mini, sebuah video praktis yang berdurasi lebih dari 40 menit telah diposting ke YouTube oleh George Buhnici. Video itu dihapus karena alasan yang tidak jelas, namun kemudian diterbitkan ulang oleh 9to5Mac. Di samping iPhone 12, ukurannya benar-benar kecil.

Ini adalah tampilan dunia nyata pertama dari iPhone 12 mini, yang memiliki layar 5,4 inci, tetapi dalam desain layar berlekuk yang lebih modern yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 12.

Itu berarti Anda tidak perlu berurusan dengan bezel dan ruang yang terbuang seperti iPhone SE generasi kedua. iPhone 12 mini akan mulai dijual dari US$ 699, yang kurang US$ 100 dari iPhone 12 6,1 inci.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT