Pertama Kalinya, Unpad Masuk Peringkat Universitas Dunia
TEMPO.CO | 30/10/2020 06:10
Petugas melakukan proses polymerase chain reaction di laboratorium Covid RS Pendidikan Universitas Padjadjaran, Bandung, Jumat, 7 Agustus 2020. Lab Covid ini bisa memproses sampai sekitar 1.000 sampel swab nasofaring dan orofaring per hari. RS Pendidikan
Petugas melakukan proses polymerase chain reaction di laboratorium Covid RS Pendidikan Universitas Padjadjaran, Bandung, Jumat, 7 Agustus 2020. Lab Covid ini bisa memproses sampai sekitar 1.000 sampel swab nasofaring dan orofaring per hari. RS Pendidikan Unpad menjadi salah satu lokasi uji klinis vaksin Covid-19 pekan depan. TEMPO/Prima Mulia

TEMPO.CO, Bandung - Universitas Padjadjaran untuk pertama kalinya masuk ke dalam pemeringkatan Times Higher Education atau THE World University Rankings by Subject 2021. Pengumuman itu dirilis Rabu, 28 Oktober 2020. Dari 11 klaster bidang ilmu yang dinilai, ada lima milik Unpad yang masuk pemeringkatan.

Mengutip laman Unpad, kelima bidang ilmu itu adalah Business and Economics di mana kampus ini ditempatkan dalam peringkat 601+, kemudian Cilnical, Pre-clinical, and Health (601+). Tiga lainnya adalah Engineering and Technology (801-1000), Life Sciences (801+), serta Social Sciences (601+).

Menurut Rektor Unpad, Rina Indiastuti, pemeringkatan THE World University Rankings itu sangat penting. “Untuk menilai apakah suatu perguruan tinggi dapat dikategorikan sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia,” ujarnya Kamis 29 Oktober 2020.

Kelima bidang ilmu yang masuk peringkat itu, kata Rina, menunjukkan kinerja akademik yang relatif baik dan diperhitungkan di antara perguruan tinggi dunia. Kriteria peningkatan kinerja dalam bidang ilmu tersebut antara lain perbaikan ekosistem dan kualitas pembelajaran, peningkatan riset dan publikasi, sitasi, keterlibatan dosen, peneliti dan mahasiswa asing di Unpad, serta meningkatnya kolaborasi dengan industri.

Sinergi pengelola di tingkat universitas dan fakultas untuk mendorong internasionalisasi Unpad merupakan faktor penting. Selain itu, kata Rina, meningkatnya partisipasi guru besar dan dosen dalam menjalin mitra kerja dengan perguruan tinggi dan lembaga internasional.

Dia juga mengklaim bahwa sejak pertengahan 2020, peraihan peningkatan reputasi akademik per bidang ilmu di Unpad telah diakselerasi melalui program Pradja Brata. Melalui program itu Unpad berkomitmen memberikan penghargaan untuk bidang ilmu atau fakultas yang mampu meningkatkan kinerja akademik dengan indikator pemeringkatan bertandar pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

Baca juga:
THE World University Rankings 2021, Ini 10 Universitas Terbaik di Dunia

Kepala Kantor Internasional Unpad, Ronny, mengatakan masih ada peluang untuk bidang ilmu di Unpad masuk peringkat universitas dunia. “Harapannya sebelas bidang ilmu ini ke depan semuanya akan mendapatkan rekognisi internasional sesuai dengan visi misi Unpad,” ujarnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT