Info Gempa Terkini: Maluku Kembali Digoyang Gempa Lebih dari 5 M
TEMPO.CO | 24/11/2020 17:39
Ilustrasi gempa. abcnews.com
Ilustrasi gempa. abcnews.com

TEMPO.CO, Jakarta - Telah terjadi setidaknya empat kali gempa sepanjang hari ini di wilayah Indonesia berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Gempa terkini disebut terjadi di Maluku, tepatnya di laut, 85 kilometer barat laut Seram bagian barat, pada pukul 15.33 WIB.

Gempa dengan magnitudo 5,1 itu berasal dari kedalaman 10 kilometer dan telah sejak awal dipastikan tak sampai memicu tsunami. Gempa lebih dari 5 M ini adalah yang kedua di daerah yang sama setelah gempa 5,3 M pada Minggu sore lalu.

Gempa lainnya sepanjang hari ini seluruhnya terukur berkekuatan tak sampai 5 M. Meski begitu bukan berarti guncangannya tak bisa dirasakan.

Gempa hari ini diawali dari laut, 81 kilometer barat daya Gunung Kidul, Yogyakarta. Gempa ini diketahui berkekuatan 4,2 M, kedalaman sumber 24 kilometer, dan dilaporkan paling terasa di Pacitan dan Trenggalek, Jawa Timur.

Di kedua daerah itu, BMKG mencatat intensitas getarannya pada skala III MMI atau setara getaran dirasakan si dalam rumah seakan ada truk yang melintas. Dampak gempa yang bisa dirasakan itu juga dikuatkan oleh reaksi sejumlah netizen atas informasi gempa itu di akun twitter BMKG.

Hampir bersamaan, berselang kurang dari dua menit, gempa terekam menggoyang dari laut, 67 km barat daya Jembrana, Bali. Gempa 4,1 M dari kedalaman 78 kilometer ini bisa dirasakan lemah atau pada skala II MMI.

Baca juga:
Terungkap, Kapal Selam Narkoba Bertenaga Listrik dan Lebih Besar

Sebelum gempa terekam di Maluku, Bukittinggi di Sumatera Barat lebih dulu bergetar. BMKG melaporkan adanya gempa berkekuatan 3,3 Magnitudo di sana dari darat dengan kedalaman sumbernya 10 kilometer saja.

BMKG menulis dalam akun twitter miliknya kalau gempa pada pukul 14.18 WIB itu lemah saja menggoyang Bukittinggi atau skala II MMI. Tapi, sejumlah netizen di akun BMKG itu mengungkapkan kalau getaran terasa relatif kencang. "Kenceng, kek bergetar keras gitu," kata pemilik akun @PutriiArta. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT