Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Ijazah Edhy Prabowo, Paus Terdampar, Covid-19
TEMPO.CO | 26/11/2020 20:43
Tersangka Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berjalan masuk menjalani pemeriksaan perdana di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis, 26 November 2020. KPK telah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus suap terkait perizinan tam
Tersangka Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berjalan masuk menjalani pemeriksaan perdana di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis, 26 November 2020. KPK telah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus suap terkait perizinan tambak, usaha, dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu dinihari, 25 November 2020, di Jakarta merupakan alumnus Universitas Padjadjaran (Unpad).

Berita terpopuler selanjutnya tentang sekitar 100 paus pilot dan lumba-lumba hidung botol telah mati setelah terdampar di Kepulauan Chatham yang terpencil, sekitar 800 km di lepas pantai timur Selandia Baru.

Selain itu, penambahan jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia yang dilaporkan, Rabu 25 November 2020, menjadi rekor tertinggi kasus harian sepanjang pandemi ini. Sebanyak 5.535 kasus yang dilaporkan terjadi sepanjang 24 jam sebelumnya itu menjadikan total kasus terkonfirmasi Covid-19 di tanah air menjadi 511.836.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Edhy Prabowo Alumnus Unpad, Ijazahnya Akan Dicabut?

Tersangka Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo berjalan masuk menjalani pemeriksaan perdana di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Kamis, 26 November 2020. KPK telah menetapkan tujuh tersangka dalam kasus suap terkait perizinan tambak, usaha, dan atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020. TEMPO/Muhammad Hidayat

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu dinihari, 25 November 2020, di Jakarta merupakan alumnus Universitas Padjadjaran (Unpad).

Edhy ditetapkan sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi. Rektor sebelumnya pernah melontarkan gagasan pemberian sanksi bagi lulusan Unpad yang terlibat dalam kasus korupsi.

Unpad melantik Edhy Prabowo secara langsung dalam prosesi wisuda pada 5 Agustus 2020 di Bandung. “Terima kasih telah menjadikan kami tidak hanya pintar, tetapi juga menjadi seorang pribadi yang jujur dan punya integritas,” kata Edhy Prabowo saat itu seperti dikutip dari laman Unpad.

Edhy Prabowo meraih gelar Doktor dari program studi Doktor Ilmu Komunikasi Unpad pada Maret lalu. Disertasinya berjudul “Komunikasi Persuasif Calon Legislatif dalam Kampanye Politik: Studi Kasus pada Pemilihan Caleg 2014-2019 Dapil I Sumatera Selatan.”

2. 100 Paus dan Lumba-lumba Mati Terdampar di Selandia Baru

Foto udara menunjukan sejumlah bangkai ikan paus yang terdampar di pantai Chatham Islands, Selandia Baru, 24 November 2020. Departemen Konservasi Selandia Baru (DOC) mengatakan total 97 paus pilot dan tiga lumba-lumba mati. INSTAGRAM @SAMINTHEWILD_ via REUTER

Sekitar 100 paus pilot dan lumba-lumba hidung botol telah mati setelah terdampar di Kepulauan Chatham yang terpencil, sekitar 800 km di lepas pantai timur Selandia Baru.

Kebanyakan dari mamalia itu terdampar selama akhir pekan lalu, tapi upaya penyelamatan terhambat oleh lokasi pulau yang terpencil.

Departemen Konservasi Selandia Baru (DOC) mengatakan total 97 paus pilot dan tiga lumba-lumba mati. “Kami baru diberitahu tentang insiden itu pada hari Minggu, 22 November 2020,” kata pejabat setempat, seperti dikutip Reuters, Rabu, 25 November 2020.

Sementara DOC Biodiversity Ranger Jemma Welch menerangkan hanya ada 26 paus yang masih hidup pada saat ini, sebagian besar dari mereka tampak sangat lemah, dan dieutanasia karena kondisi laut yang ganas. “Dan hampir pasti ada hiu putih besar di dalam air yang berenang bersama mamalia yang terdampar,” tutur Welch.

3. Tak Cuma di Indonesia, Rekor Kasus Covid-19 Terjadi di Negara-negara Ini

Seorang tenaga medis yang mengenakan baju hazmat bersiap melapor kepada petugas saat mengantar pasien virus Corona di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet di Jakarta, Rabu, 25 November 2020. ANTARA/Wahyu Putro A

Penambahan jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia yang dilaporkan, Rabu 25 November 2020, menjadi rekor tertinggi kasus harian sepanjang pandemi ini. Sebanyak 5.535 kasus yang dilaporkan terjadi sepanjang 24 jam sebelumnya itu menjadikan total kasus terkonfirmasi Covid-19 di tanah air menjadi 511.836.

Rekor bukan hanya terjadi di Indonesia. Sejumlah negara di beberapa belahan dunia yang lain juga menorehkan yang sama. Di Rusia, misalnya, dilaporkan rekor angka kematian tertinggi dalam sehari sepanjang Selasa lalu, yakni 507 orang. Bandingkan dengan tambahan 114 kematian di Indonesia dan total menjadi 16.225 korban meninggal.

Di Rusia, total kematian Covid-19 kini 37.538 orang dari total kasus terkonfirmasi positif yang dilaporkan sebanyak 2.162.503 kasus--setelah ditambahkan 23.675 kasus yang dilaporkan Rabu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT