Fitur Baru di WhatsApp, Bikin Custom Wallpaper
TEMPO.CO | 01/12/2020 21:07
Ilustrasi Tampilan WhatsApp. Aplikasi percakapan milik Facebook ini sedang mengembangkan sejumlah fitur baru untuk versi mendatang. (ANTARA/WhatsApp)
Ilustrasi Tampilan WhatsApp. Aplikasi percakapan milik Facebook ini sedang mengembangkan sejumlah fitur baru untuk versi mendatang. (ANTARA/WhatsApp)

TEMPO.CO, Jakarta - Aplikasi pesan WhatsApp kembali memperbarui beberapa fiturnya yang akan tersedia dalam beberapa hari lagi bagi pengguna Android dan iOS. Fitur yang diperbarui mencakup peningkatan fitur wallpaper, peluncuran fitur pencarian stiker, serta paket stiker animasi terbaru.

Berikut detail dari pembaruan tersebut, berdasarkan keterangan tertulis pada Selasa, 1 Desember 2020:

1. Wallpaper

Ada empat pembaruan untuk wallpaper WhatsApp, yakni wallpaper custom laman chat, wallpaper doodle, galeri wallpaper, serta pengaturan untuk membedakan wallpaper yang digunakan di mode terang dan gelap.

Chat di WhatsApp bisa menjadi istimewa, itulah sebabnya aplikasi besutan Facebook itu mengenalkan wallpaper yang bisa disesuaikan untuk chat. Dengan wallpaper custom, pengguna bisa menghiasi laman chat yang lebih personal atau ubah wallpaper chat yang penting dengan wallpaper yang berbeda.

Baca juga:
Membandingkan Performa Game di Konsol PS5 dan Xbox Series X

Doodle wallpapers menghadirkan desain doodle yang tersedia dalam beragam warna. Sementara wallpaper baru, WhatsApp mengkurasi beragam foto ikonik pemandangan alam dan arsitektur dari penjuru dunia dengan desain baru yang menarik. Pengguna dapat menemukannya di album "Terang" dan "Gelap".

Bedakan wallpaper dalam mode terang/ gelap, fitur ini memungkinkan pengguna dapat membedakan wallpaper dalam mode gelap untuk pengalaman chat terbaik. Pengguna bisa melihat transisi otomatis wallpaper laman chat-nya saat pengaturan perangkat ponsel beralih dari mode terang ke gelap.

Cara mengatur wallpaper custom, untuk pengguna Android, di bagian paling atas dari laman chat, ketuk menu dengan simbol “tiga titik”, lalu pilih ‘Wallpaper’. Kemudia telusuri dan pilih wallpaper yang disuka. Untuk pengguna iOS, cukup akses ‘Info Chat/Info Grup’, lalu pilih Wallpaper & Suara.

Sedangkan cara mengatur wallpaper dalam mode gelap, untuk Android, pengguna cukup aktifkan mode gelap dari pengaturan perangkatnya (Android versi 10 atau lebih tinggi) atau dari Pengaturan WhatsApp, lalu Chat, kemudian pilih Tema (Android versi 9 atau lebih rendah). Setelah itu ubah wallpaper yang diinginkan.

Untuk pengguna iOS, aktifkan mode gelap dari pengaturan perangkat, kemudian ubah wallpaper dari Pengaturan WhatsApp, ketuk Chat, dan pilih Wallpaper Chat.

2. Pencarian stiker lebih baik

Pengguna aplikasi berlogo gagang telepon itu kini dapat mencari dan menemukan stiker dengan mudah melalui teks atau emoji. Pengguna juga bisa menelusuri kategori stiker umum.

Baca juga:
Ada Chatbot untuk Cek Hoax di WhatsApp, Begini Gunakannya

Saat meluncurkan fitur ini, WhatsApp mengajak para pembuat stiker di aplikasi untuk tag stiker mereka dengan emoji dan teks agar mempermudah pengguna mencari stiker mereka.

3. Stiker animasi WHO terbaru

Paket stiker “Bersama di Rumah” dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekarang tersedia dalam versi animasi, sehingga jadi lebih ekspresif. Stiker “Bersama di Rumah” telah menjadi salah satu stiker paling populer di WhatsApp dan tersedia dalam sembilan bahasa selain Bahasa Inggris, di antaranya Bahasa Arab, Indonesia, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Turki.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT