Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Dokter Anak Cemas Dampak Keputusan Menteri Nadiem
TEMPO.CO | 02/12/2020 22:33
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan anak / dokter anak. Shutterstock
Ilustrasi pemeriksaan kesehatan anak / dokter anak. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno Berita Hari Ini dipuncaki berita tentang rencana pembelajaran tatap muka mulai Januari tahun depan. Ikatan Dokter Anak Indonesia menulis sederet panjang pendapat menanggapi keputusan Mendikbud Nadiem Makarim yang memungkinkan pembukaan sekolah di tengah pandemi Covid-19 tersebut. 

Berita lainnya diisi artikel berisi Top 3 Tekno Selasa 1 Desember 2020. Terangkum dalam artikel itu adalah dua berita tentang lobster Indonesia, yakni jenis-jenisnya di Indonesia dan pesan peneliti LIPI atas kasus korupsi ekspor benihnya yang menjerat Menteri Kelautan Perikanan Edhy Prabowo. Satu berita sisanya adalah mengenai progres perizinan kampus Monash University di Indonesia, atau Monash Indonesia. 

Sedang Top 3 Tekno Berita hari ini, Rabu 2 Desember 2020, dilengkapi dengan berita Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang sukses meluncurkan roket RX450-5 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Garut, Jawa Barat. Roket ini memiliki daya jangkau 80 kilometer.

Berikut Top 3 Tekno Berita Hari Ini selengkapnya,

1. Nadiem Izinkan Pembelajaran Tatap Muka, IDAI: Jarak Jauh Lebih Aman

Ikatan Dokter Anak Indonesia memandang metode jarak jauh lebih aman daripada pembelajaran tatap muka langsung di sekolah saat ini. Setiap orang tua yang sedang mempertimbangkan persetujuan kegiatan sekolah dengan tatap muka kembali diharapkan tetap mendukung kegiatan belajar dari rumah, baik sebagian maupun sepenuhnya.

Pandangan itu disampaikan sebagai bagian dari pendapat Ikatan Dokter Anak Indonesia terhadap rencana dibukanya kembali sekolah-sekolah di awal semester pada Januari mendatang. Pembukaan sekolah kembali tanpa melihat zona pandemi dimungkinkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sepanjang disetujui pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua murid.

Baca juga:
Covid-19 di Sekolah: 3 Guru Meninggal di Kudus, 15 Siswa Positif di Jepara 

"Menimbang dan memperhatikan panduan dari WHO, publikasi ilmiah, publikasi di media massa, dan data Covid-19 di Indonesia maka saat ini IDAI memandang bahwa pendidikan jarak jauh lebih aman," bunyi bagian dari pendapat yang diteken Ketua Umum IDAI, Aman B. Pulungan, dan Sekretaris Umum Hikari Ambara Sjakti pada Selasa 1 Desember 2020 tersebut.

2. Top 3 Tekno Berita Hari Ini: 2 Lobster, 1 Kampus Asing

Top 3 Tekno Berita Hari Ini diisi dua topik mengenai lobster dan kampus asing pertama di Indonesia. Topik lobster terangkat bersama kasus korupsi yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan--sekarang sudah mundur--Edhy Prabowo.

Artikelnya yang menerangkan jenis-jenis lobster menjadi yang paling top sepanjang hari ini, Selasa 1 Desember 2020. Setelahnya adalah tentang pesan peneliti LIPI untuk pemerintah terkait kebijakan peninggalan Menteri Edhy. 

Sedang satu artikel sisanya mengenai kampus Monash University di Indonesia, atau Monash Indonesia. Kampus itu diaku telah mengantongi izin operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan alias sudah legal dan menyatakan segera merekrut tenaga akademisi.

3. Luncurkan RX450-5, LAPAN Unjuk Teknologi Roket di Depan Menristek

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sukses meluncurkan roket RX450-5 di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer, Garut, Jawa Barat, Rabu pagi 2 Desember 2020. Peluncuran roket eksperimen seri RX450 yang kelima itu disaksikan dalam jaringan oleh Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro.

Usai peluncuran, menristek menyampaikan penghargaannya terhadap LAPAN karena terus berupaya memperkuat teknologi roket dalam negeri. Visi besar Indonesia dalam teknologi ini, dia mengingatkan, kemampuan meluncurkan satelit dengan roket sendiri.

Baca juga:
LAPAN Target Luncurkan Roket Dua Tingkat 2024, Orbitkan Satelit 2040

"Kami berupaya untuk menjalin kerja sama penelitian dengan negara lain, termasuk transfer teknologi roket karena teknologi ini sangat dibutuhkan Indonesia," kata Menristek Bambang Brodjonegoro dalam siaran tertulis yang dibagikan LAPAN hari ini.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT