Malam Minggu, Gempa Guncang Garut Selatan
TEMPO.CO | 05/12/2020 21:51
Ilustrasi gempa. geo.tv
Ilustrasi gempa. geo.tv

TEMPO.CO, Jakarta - Gempa tektonik dengan magnitudo 3,0 menggoyang wilayah selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lindu itu Sabtu malam, 5 Desember 2020, pukul 19.49 WIB.

Pusat sumber gempa atau episenter berada pada koordinat 7.61 LS dan 107.44 BT atau berada di laut. “Tepatnya berjarak 67 kilometer arah barat daya Garut,” kata Hendro Nugroho, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang lewat keterangan tertulis, Sabtu 5 Desember 2020.

Gempa tergolong dangkal dengan kedalaman sumber 5 kilometer. BMKG menyebutkan gempa itu akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat. Dampak gempa berdasarkan peta tingkat guncangan BMKG dan laporan masyarakat, yaitu guncangan gempa.

Sebagian warga di wilayah Garut bagian Selatan merasakan getaran bumi dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa yang getarannya berskala intensitas II MMI itu.

Dari hasil pemantauan BMKG hingga pukul 20.13 WIB tidak ada aktivitas gempa bumi susulan. BMKG meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

ANWAR SISWADI

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT