Gempa Mengguncang Lemah Garut Selatan Malam Ini
TEMPO.CO | 05/12/2020 21:09
Lokasi pusat sumber gempa 3,0 M yang guncangannya lemah dirasakan di Garut Selatan, Jawa Barat, Sabtu, 5 Desember 2020. Twitter.com
Lokasi pusat sumber gempa 3,0 M yang guncangannya lemah dirasakan di Garut Selatan, Jawa Barat, Sabtu, 5 Desember 2020. Twitter.com

TEMPO.CO, Jakarta - Guncangan gempa terukur lemah di Garut Selatan, Jawa Barat, Sabtu malam ini, 5 Desember 2020. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, sumber gempa berada di laut, 66 kilometer barat daya Kabupaten Bandung.

BMKG, seperti dikutip dari situs resminya, mencatat kekuatan gempa itu 3,0 dalam skala Magnitudo. Gempa yang terjadi pada Pukul 19.49 WIB itu memiliki kedalaman yang tergolong dangkal, yakni 5 kilometer.

Gempa tersebut bisa dirasakan di Garut Selatan pada skala II MMI. Skala ini diilustrasikan dengan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Apa yang terjadi Garut Selatan menambah jumlah gempa yang bisa dirasakan sepanjang hari ini di wilayah Indonesia menjadi tiga. BMKG sebelumnya mencatat dua gempa telah terjadi sepanjang hari ini, di Aceh dan Bengkulu dengan kekuatan masing-masing 5,0 dan 4,3 Magnitudo.

Gempa di Aceh terjadi pada Pukul 3.09 WIB. Sumbernya disebutkan berada di laut, 165 kilometer barat daya Banda Aceh dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini terukura pada skala III MMI (terasa di dalam rumah seakan truk sedang melintas) di Banda Aceh.

Baca juga:
BMKG Klaim Kemampuan Peringatan Dini Tsunami Sudah Setara Jepang

Gempa kedua, di Bengkulu, tercatat terjadi pada pukul 4.52 WIB. Dampaknya sama, dirasakan hingga skala III MMI di Seluma dan di Bengkulu pada skala yang lebih lemah. Adapun sumber gempanya berasal dari laut, 44 kilometer barat daya Seluma dengan kedalaman 35 kilometer.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT