Terakreditasi Unggul, UNJ Janjikan Reputasi Tingkat Asia
TEMPO.CO | 06/02/2021 13:33
Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 31 Agustus 2017. TEMPO/Rizki Putra
Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 31 Agustus 2017. TEMPO/Rizki Putra

TEMPO.CO, Jakarta - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil meraih akreditasi unggul dalam reakreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Hasil itu dianggap menunjukkan UNJ salah satu kampus terbaik di Indonesia dengan berbagai prestasi.

“Kami siap menuju kampus bereputasi di kawasan Asia,” ujar Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Prof Dr Komarudin MSi, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat 5 Februari 2021.

Baca juga:
Ditetapkan, Uang Kuliah S1 ITB 2021 dari Nol Sampai Rp 40-an Juta

Tim Asesor menggunakan sembilan kriteria yakni visi, misi, tujuan, dan strategi, tata pamong, tata kelola, dan kerja sama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, pendidikan, pengabdian pada masyarakat, penelitian, dan luaran dan capaian Tridharma perguruan tinggi. Dari 9 kriteria tersebut, UNJ memperoleh skor yang tergolong sangat memuaskan, 366. 

Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 menetapkan akreditasi perguruan tinggi tidak lagi menggunakan model A, B, dan C. Sebagai gantinya, istilah peringkat akreditasi atau peringkat terkareditasi menjadi unggul, baik sekali, baik, atau tidak terakreditasi.

“Terima kasih kepada keluarga besar UNJ, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni termasuk di dalamnya para mitra dan pengguna yang telah mendukung jalannya proses reakreditasi UNJ ini, dan syukur alhamdulillah UNJ mendapat akreditasi unggul,” ujar Komarudin.

Dia berharap raihan akreditasi unggul tersebut dapat menjadi motivasi bagi UNJ untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi dan reputasi kampus yang dulu bernama IKIP Jakarta tersebut. “Akreditasi UNJ yang unggul menjadi modal bagi UNJ untuk menjadi kampus terbaik di Indonesia dan menuju kampus bereputasi di kawasan Asia,” kata dia.

Baca juga:
Webometrics 2020, Universitas Indonesia Masih yang Terbaik di Tanah Air

Ke depan, Komarudin merancang, yang diperbaiki adalah sistem informasi. Hal itu dikarenakan ranking Webometrics untuk UNJ masih menempati peringkat 58 di tanah air. Pihaknya mengatakan akan bekerja keras memperbaiki sistem informasi di kampus itu.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT