Ponsel Gulung OPPO X 2021 Muncul di Video Review
TEMPO.CO | 22/02/2021 09:57
Prototipe Oppo X 2021. Kredit: YouTube/Brandon Le Proktor
Prototipe Oppo X 2021. Kredit: YouTube/Brandon Le Proktor

TEMPO.CO, Jakarta - Dua video baru diunggah ke media sosial YouTube secara khusus memamerkan smartphone yang dapat digulung, OPPO X 2021.

Baca:
OPPO X 2021 Klaim Lewati Uji 100 Ribu Kali Buka-Gulung Layar Tanpa Rusak 

Video tersebut dibuat oleh Brandon Le Proktor di Prancis dan AllroundPC di Jerman, yang memberikan gambaran detail tentang cara kerja mekanisme gulung untuk memperluas ukuran layar. 

Dikutip Tech Radar, Minggu, 21 Februari 2021, video tersebut cukup menarik karena layar OPPO X 2021 cukup lancar bergulir masuk dan keluar berulang kali serta bagian perangkat lunak dan perangkat keras terlihat disesuaikan dengan perubahan ukuran layar. 

Video-video tersebut menggunakan bahasa Prancis dan Jerman. Terlihat juga ketukan pada tombol atau gesekan jari di tepi perangkat sudah cukup untuk mengaktifkan mekanisme menggulungnya, mengecilkan atau memperluas layar sesuai kebutuhan. 

Seperti yang dijelaskan OPPO pada November lalu, ponsel itu menggunakan pelapis belakang pintar yang dapat meluncur masuk dan keluar untuk mengakomodasi ukuran layar yang menyusut dan meluas. Layar dapat membesar dari 6,7 inci menjadi 7,4 inci sesuai kebutuhan. 

Dari video hands-on itu, tampaknya perangkat lunak ColorOS yang diletakkan OPPO di atas Android tidak memiliki masalah untuk mengikuti ukuran layarnya dengan layar beranda dan jendela browser web menyesuaikan perubahan dimensi tanpa melewatkan sedikit pun.

Selain OPPO, beberapa merek lain juga sedang dalam proses pengerjaan ponsel dengan desain tersebut, seperti OPPO, LG, dan mungkin Samsung. Untuk faktor bentuk layar akan menutupi bagian yang dapat dilipat, karena ponsel gulung tidak memiliki engsel lipat yang berpotensi menjadi titik lemah perangkat. 

Sayangnya, masih belum ada kabar apakah OPPO X 2021 ini bakal dijual atau tidak, termasuk waktunya. Dalam video hands-on baru, perangkat terlihat cukup kokoh, tapi OPPO menyebutnya sebagai prototipe, dan belum memberikan indikasi apa pun bahwa itu adalah sesuatu yang mungkin dapat dibeli suatu hari nanti.

TECH RADAR | THE VERGE     


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT