Blue Origin Lelang Satu Kursi untuk Perjalanan Luar Angkasa Juli
TEMPO.CO | 07/05/2021 09:51
Perusahaan antariksa Jeff Bezos Blue Origin meluncurkan roket New Shepard, Minggu, 29 April 2018. Kredit: Blue Origin
Perusahaan antariksa Jeff Bezos Blue Origin meluncurkan roket New Shepard, Minggu, 29 April 2018. Kredit: Blue Origin

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan swasta dirgantara Amerika Serikat, Blue Origin, akan membawa pelanggan pertama yang membayar ke tepi luar angkasa pada 20 Juli 2021. Perusahaan itu membuka lelang online untuk satu kursi di atas roket New Shepard kepada penawar tertinggi. 

Lelang dibuka Rabu, 5 Mei 2021 dengan penawaran tertutup hingga 19 Mei 2021. Perusahaan akan menampilkan semua tawaran secara online, sehingga memungkinkan orang lain untuk mengalahkan jumlah tertinggi. Pada 12 Juni akan digelar lelang langsung untuk menentukan pemenang akhir. 

"Kami menawarkan satu kursi pada penerbangan pertama ini kepada pemenang lelang online Blue Origin," ujar perusahaan besutan Jeff Bezos itu, seperti dikutip Daily Mail, Rabu.

Jumlah dana tawaran pemenang lelang akan disumbangkan ke yayasan Blue Origin, Club for the Future, yang menginspirasi generasi masa depan untuk mengejar karir di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) dan membantu menciptakan masa depan kehidupan di luar angkasa.  

Blue Origin juga menamai perjalanan suborbital pertamanya dengan nama astronot Alan Shepard, orang Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa tepat 60 tahun yang lalu. Sebelumnya Bezos berencana mengumumkan harga per tiket, tapi malah menawarkan satu kursi melalui lelang. 

Tidak ada rincian lain yang diberikan tentang pelatihan atau proses yang dijalani pemenang sebelum peluncuran ke orbit.  

Blue Origin didirikan pada tahun 2000. Perusahaan mempromosikan dirinya sebagai sarana untuk menyediakan akses yang lebih murah ke luar angkasa melalui penggunaan roket yang dapat digunakan kembali, khususnya New Shepard yang telah terbang sebanyak 15 kali. 

Satu-satunya misi roket adalah membawa turis ke luar angkasa, yang akan melakukan perjalanan di dalam kapsul putih ramping. Kapsul dirancang dengan desain ikonik di bagian luar dan di dalamnya terdapat enam kursi.

Rencana Blue Origin adalah mengirim wisatawan 62 mil di atas permukaan bumi dan menghabiskan setidaknya 10 menit di orbit. Pada ketinggian ini, penumpang akan mengalami kondisi tanpa bobot akibat gravitasi nol dan melihat lekukan planet dengan kegelapan ruang sebagai latar belakang. 

DAILY MAIL | BLUEORIGIN

Baca:
Blue Origin Gugat Kontrak Rp 421 Triliun NASA dan SpaceX 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT