Begini Jalur dan Waktu Gerhana Matahari Cincin 2021 pada Hari Ini
TEMPO.CO | 10/06/2021 07:38
Gerhana matahari cincin, yang terjadi saat matahari, bulan, dan bumi tepat segaris. Kredit: NASA/Hinode/XRT
Gerhana matahari cincin, yang terjadi saat matahari, bulan, dan bumi tepat segaris. Kredit: NASA/Hinode/XRT

TEMPO.CO, Jakarta - Fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan terjadi pada hari ini, Kamis 10 Juni 2021. Sayangnya fenomena ini hanya bisa diamati dari wilayah lintang paling utara Bumi. Wilayah Indonesia tidak kebagian sama sekali fenomena ini.

Mengutip keterangan di situs web Info Astronomy, gerhana akan dimulai saat matahari terbit di Ontario, Kanada, tepatnya di sisi utara Danau Superior. Jalur gerhana matahari cincin itu berikutnya adalah melintasi bagian utara planet Bumi, melewati utara Greenland, sebelum berakhir saat matahari terbenam di sisi timur laut Siberia.

"Secara keseluruhan gerhana matahari cincin ini akan berlangsung selama sekitar 100 menit," bunyi keterangan di situs itu.

Bukan cuma wilayah Indonesia yang tidak bisa menikmati gerhana matahari cincin, di mana bayang-bayang bulan menutupi 80 persen penampakan matahari dari Bumi. Faktanya memang hanya sebagian penduduk di Bumi yang bisa karena gerhana matahari memiliki jalur dan cakupan area pengamatan yang terbatas.

Itu yang membuatnya berbeda dari gerhana bulan yang bisa diamati dari seluruh wilayah di Bumi yang sedang berada pada fase malam hari. 

Pada gerhana matahari hari ini pun sebagian besar wilayah yang termasuk cakupan dan jalurnya hanya bisa bisa mengamatinya berupa gerhana matahari sebagian--bukan cincin. Itupun besarnya berbeda-beda. Sebagai contoh, gerhana matahari parsial sebesar 20-50 persen di negara-negara di Eropa yang termasuk Skandinavia. Sedang di Spanyol, gerhana matahari parsial hanya 10 persen. 

Di Amerika Serikat, gerhana sebagian akan terlihat di sepanjang wilayah Tenggara, Timur Laut, Barat Tengah, dan bahkan di Alaska Utara. Pengamat langit di sebagian besar Kanada dan sebagian Karibia, Eropa, Asia, dan Afrika utara juga akan melihat dalam bentuk yang sama: gerhana parsial

Jika dikonversi ke waktu Indonesia, gerhana matahari cincin satu-satunya sepanjang tahun ini tersebut akan terjadi mulai Pukul 15.12 WIB, memuncak pada Pukul 17.41 WIB, dan berakhir pada Pukul 20.11 WIB.

Baca juga:
Berlangsung 5 Jam, Puncak Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Hanya 14,5 Menit


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT