Riuh Poster UI Sambut Mahasiswa Baru, Netizen: Kayak Orang Mau Masuk Surga
TEMPO.CO | 15/06/2021 12:59
Poster UI sambut mahasiswa baru Twitter @univ_indonesia
Poster UI sambut mahasiswa baru Twitter @univ_indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Universitas Indonesia atau UI memberikan ucapan selamat kepada calon Mahasiswa Barunya yang diterima melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN. Ucapan tersebut diunggah lewat akun media sosial Twitter UI @univ_indonesia pada Senin, 14 Juni 2021.

“Selamat bagi calon Mahasiswa Baru UI yang diterima melalui jalur SBMPTN. Bagi kamu yang belum berhasil, tidak perlu kecewa karena masih ada jalur SIMAK UI. Yuk, bisa yuk! Ikuti dan pantau akun Media Sosial Resmi UI untuk mendapatkan informasi resmi penerimaan mahasiswa baru,” begitu bunyi informasi di kolom kutipan.

Unggahan tersebut disertai dengan flyer atau selebaran dengan sekelompok mahasiswa menggunakan almamater UI berwarna kuning, melayang di atas awan dengan latar belakang langit dan keterangan bertuliskan, “Selamat Datang Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2021”.

Karuan saja selebaran yang diunggah akun Twitter UI tersebut mendapat sorotan dari netizen, bahkan beberapa ada yang menilai desainnya mirip orang hendak masuk surga. “Kenapa desainnya kayak orang mau masuk surga, sih?” tulis akun @bayuadhtyia. Pendapat serupa juga disampaikan oleh akun @alpokatmentega, “Anjay, masuk UI auto masuk surga,” tulisnya. “Ni ngajak ke kampus apa akhirat?” tulis @duadImension.

Netizen lain juga membandingkan selebaran yang dibuat UI tersebut mirip dengan poster salah satu sinetron yang sempat tayang di salah stasiun televisi nasional. @Siigit membalas unggahan tersebut dengan mengirimkan poster sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Pengguna Twitter lain pun mengomentari balasan @Siigit tersebut, “Iyaa gua baru mau ngomong mirip ni sinetron,” tulis @axelrmw. Bahkan @findairanti menuduh UI melakukan plagiarisme, “Meniru konsep,” tulisnya.

Selain desain flyer yang dinilai tidak biasa, netizen yang jeli juga mempertanyakan kemampuan editing. @Widhi_Waskito bahkan menemukan adanya kejanggalan, pasalnya salah satu mahasiswa dalam foto tersebut logo UI-nya berada di dada kanan almamater, yang mana seharusnya di sebelah kiri, “Kepo nih... Ada 1 logo tulisannya mirrored (terbalik) gini. Flip Left yak…cropingannya juga terlihat ngga smooth,” komentar akun tersebut.

Selain itu, sejumlah netizen menilai flyer tersebut dibuat secara asal-asalan, pasalnya banyak terjadi kesalahan, seperti margin yang tidak sama, tone warna kulit yang jomplang, serta skala foto mahasiswi tidak sama.

Sementara itu @eghiize berpendapat bahwa selebaran dengan latar belakang langit tersebut menyiratkan pesan agar selalu bermimpi setinggi langit, Saya yakin desain ini menyiratkan pesan agar selalu bermimpi setinggi langit, dan selalu berusaha menggapainya hingga nyawa kalian ikut naik ke langit,” tulis @eghiize.

Netizen lain, @bagusirawan tak segan berkomentar pedas, ia menilai UI sebagai kampus terbaik di Indonesia ternyata masih belum profesional. “Maaf ya...sekelas UI yg kampus terbaik di negara ini ternyata masih belum profesional...makanya pendidikan di negara ini semakin merosot...” tulis akun tersebut.

HENDRIK KHOIRUL MUHID

Baca juga: UI Universitas Riset No 1 di Indonesia, Juara di 5 Subjek Riset versi SCImago


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT