Tahun ini LPP RRI Wamena akan Buka Stasiun Penyiaran di Tolikara
JUBI.CO.ID | 12/09/2021 19:09
Tahun ini LPP RRI Wamena akan Buka Stasiun Penyiaran di Tolikara
Radio Republik Indonesia (RRI). Dok.Tempo/Aditia Noviansyah

Wamena, Jubi – Memperingati Hari Bhakti Radio ke-76 khusus bagi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) stasiun Wamena, menargetkan di akhir tahun ini akan membuka stasiun penyiaran di Kabupaten Tolikara, Papua.

Kepala Stasiun LPP RRI Wamena, Engelberthus Silubun mengatakan, rasa keprihatinan di usia 76 tahun di wilayah pegunungan tengah Papua hanya memiliki satu satker yaitu LPP RRI Wamena. Sehingga untuk menjangkau pelayanan kepada masyarakat, RRI berencana membuka kembali stasiun penyiaran baru di Tolikara dan hal tersebut sudah mencapai final, tinggal menunggu peralatan untuk kebutuhan penyiaran nantinya.

“Peralatan sudah tiba di Jayapura kemudian kita datangkan ke Wamena lalu bawa ke Tolikara. Tentunya RRI tidak bisa berjalan sendiri harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah, karena sama-sama melakukan tugas pelayanan untuk masyarakat,” kata Engelberthus Silubun, usai penyulutan obor Tri Prasetya dalam rangka Hari Bhakti Radio ke-76 di LPP RRI Wamena, Sabtu (11/9/2021).

Ia mengatakan, untuk mendukung program ini pemerintah daerah Tolikara telah memfasilitasi gedung, studio, bahkan tower pemancar untuk segera dipasang.

“Jadi selama ini memang sistemnya hanya relay dari Wamena yakni siaran yang ditangkap di sana, tetapi ketika pemda siap untuk memfasilitasi peralatan studio, RRI tinggal menyiapkan untuk bisa menjadi stasiun penyiaran,” katanya.

Memang ada banyak hal yang perlu disiapkan terutama SDM, namun kata dia, nantinya RRI Wamena akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah setempat khususnya Dinas Kominfo.

“Dari sisi pembiayaan Kominfo menyiapkan SDM, banyak tenaga putra putri daerah sudah bisa terserap walaupun tidak banyak. Nantinya untuk tenaga wartawan dan pegawai lainnya yang ada di Kominfo kita latih, paling tidak ya bisa mengoperasionalkan siaran nantinya. Mudah-mudahan sebelum November nanti siaran RRI sudah bisa mengudara di Tolikara,” katanya.

Sementara itu, Ronny Hisage selaku ketua panitia peringatan Hari Bhakti Radio RRI Wamena, menyebut tema peringatan tahun ini ialah ‘Tangguh, Tumbuh, Kuat dan Sehat, Suarakan Indonesia’.

“Memang kegiatan tahun ini berbeda di masa pandemi, peringatan hanya dilakukan secara internal dan seluruhnya merupakan partisipasi secara swadaya dari para angkawasan/angkasawati RRI Wamena,” kata Ronny Hisage.

jubi.co.id


BERITA TERKAIT