BMKG: Waspadai Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Utara Papua
JUBI.CO.ID | 06/12/2021 16:36
BMKG: Waspadai Gelombang Setinggi 6 Meter di Perairan Utara Papua
Ilustrasi gelombang tinggi. ANTARA

Jayapura, Jubi – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memperkirakan selama sepekan mendatang akan terjadinya gelombang setinggi 2 meter hingga 6 meter di perairan utara Papua. Gelombang tinggi itu ditimbulkan angin kencang yang bisa mencapai kecepatan 30 kilometer per jam.

Hal itu dinyatakan Kepala Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Cahyo Nugroho di Jayapura, Senin (6/12/2021). “Hal itu disebabkan adanya percepatan angin secara konsisten, akibat transisi dari angin timuran kepada angin baratan, sehingga mengakibatkan dampak tingginya gelombang laut,” kata Cahyo.

Cahyo menjelaskan mulai 5 – 11 Desember 2021, angin di wilayah Papua diperkirakan akan bertiup dari arah barat daya dan barat laut, dengan kecepatan mulai dari 5 kilometer per jam hingga 30 kilometer per jam. “Akibatnya, pasang air laut [akan mencapai] ketinggian 1,4 meter, dan surut terendah air laut [mencapai] 0,1 meter,” ujarnya.

Cahyo mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi kejadian bencana hidrometeorologi, khususnya saat terjadi hujan lebat dan angin kencang. Warga juga diminta mewaspadai risiko gelombang tinggi terhadap keselamatan pelayaran di perairan utara Papua. “Masyarakat dan kapal yang melakukan aktivitas harap mempertimbangkan kondisi sebelum memutuskan untuk beraktivitas,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Papua, Welliam Manderi mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan potensi daerah rawan bencana untuk mengantisipasi siklon tropis pada Desember 2021. “Sekitar 76 persen wilayah Papua [memiliki risiko] bencana hidrometeorologi, itu pasti menjadi perhatian tersendiri,” kata Manderi.

Ia menyatakan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan BMKG untuk mengantisipasi risiko bencana hidrometeorologi. “Selain bencana hidrometeorologi, wilayah Papua pun sering mengalami gempa bumi, sehingga hal tersebut juga menjadi perhatian. Intinya kami mengimbau masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan,” tutupnya.

Artikel ini telah tayang di jubi.co.id -LINK Sumber- https://jubi.co.id/bmkg-waspadai-gelombang-setinggi-6-meter-di-perairan-utara-papua/


BERITA TERKAIT