Pemkot Solo Berhasil Ambil Alih Akun IG Setelah Di-hack 17 Jam
JOGLOSEMARNEWS.COM | 09/10/2021 14:17
Pemkot Solo Berhasil Ambil Alih Akun IG Setelah Di-hack 17 Jam

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Setelah hampir dihack sekitar 17 jam, akhirnya Pemkot Solo berhasil mengambil alih akun resmi Instagram @Pemkot Surakarta. Pemulihan berhasil dilakukan Sabtu (9/10/2021), sekitar pukul 09.50 WIB.

Kabag Prokompim Pemkot Solo, Wahyu Kristina mengatakan, kejadian hacking yang dialami IG Pemkot Surakarta terjadi karena akun tersebut dipegang oleh dua admin. Jumat (8/10/2021) petang, admin menerima notifikasi terkait permintaan pergantian password.

“Namun notifikasi tersebut tidak diperhatikan. Sekarang sudah pulih dan admin dipegang satu pihak dari Prokopim,” urainya.

Ina menyebutkan, proses yang dilalui untuk pemulihan akun dilakukan sesuai prosedur dengan memasukkan pelaporan ke Facebook.

“Kemudian kami di wrikan petunjuk langkah-langkah yang harus diambil dan memang membutuhkan waktu. Ke depan kita akan semakin berhati-hari lagi agar hal ini tidak terulang. Dan ini baru pertama kalinya terjadi,” tukas Ina.

Sebelumnya, akun media sosial Instagram resmi milik Pemkot Solo diduga diretas pihak tidak bertanggung jawab. Sejak Jumat (8/10/2021) malam, terlihat 18 foto dan video tidak jelas diaplod akun tersebut.

Ratusan netizen bertubi-tubi mengomentari foto dan video yang diapload akun tersebut. Terhitung sejak sembilan jam pada apload-an foto pertama hingga pagi ini, belum terlihat tanda-tanda akun IG Pemkot Surakarta pulih.

Selain menduga akun resmi IG tersebut diretas, ada juga beberapa netizen yang berkomentar jika handphone yang berfungsi untuk mengoperasionalkan akun tersebut dimainkan oleh anak admin.

Seperti yang dilontarkan @firafytria_ yang menuliskan “Mesti hpne Dinggo dolanan anake Ki” (pasti HPnya buat mainan anaknya ini). Lain halnya dengan @genuansa_snack yang menduga akun tersebut dihack dan meminta tim IT Pemkot Solo untuk segera memperbaikinya, seperti yang dituliskannya “Tim IT mana huh tim IT Pemkot Solo? Akun dihack ini".

Sementara itu, Kabag Prokompim Pemkot Solo, Wahyu Kristina menjelaskan, jika akun @pemkot_solo saat ini sedang mengalami hacking dan sedang dalam proses pemulihan.

“Kronologinya sejak Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 16.29 akun ig pemkot_solo terkena hack dan diganti emailnya oleh seseorang sehingga admin resmi sejak saat itu tidak dapat login,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (9/10/2021) pagi.

joglosemarnews.com


BERITA TERKAIT