Sampah Penuhi Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Warga: Kiriman dari Sungai
SUKABUMIUPDATE.COM | 02/04/2021 15:44
Sampah Penuhi Pantai Palabuhanratu Sukabumi, Warga: Kiriman dari Sungai
Alat berat jenis backhoe diturunkan untuk membersihkan sampah yang mengotori objek wisata pantai Muara Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (7/3/2020).

SUKABUMIUPDATE.com - Ada pemandangan tak sedap di sepanjang pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten sukabumi Jawa barat pada Jumat (2/4/2021) pagi. Pesisir pantai ini dipenuhi sampah yang diduga dampak cuaca ekstrem luapan sungai-sungai yang berhulu di perairan teluk Palabuhanratu.

Pemandangan penuh sampah ini terjadi dari pantai Citepus Istana Presiden hingga pantai Istiqomah. Pasir pantai tertutup oleh tumpukan sampah sampah, mulai dari batang pohon, kayu, plastik, bekas makanan dan lainnya yang berserakan.


Salah seorang warga Citepus, Asep Edom (34 tahun) mengatakan sampah tersebut "dikirim" dari sungai yang masuk ke laut kemudian terdampar di pantai didorong oleh gelombang besar.

"Sampah kiriman dari sungai, sejak kemarin sekitar pukul 06.00 Wib sampah di tengah laut sudah terlihat, kalau di lihat arah datangnya sampah itu dari sebelah barat ke timur," ujarnya.


Dijelaskan Asep, sampah mulai memenuhi pesisir pantai citepus sejak pagi kemarin. "Ya mau bagaimana lagi, kami bersama masyarakat pesisir pantai melakukan pembersihan sampah yang berserakan ini," jelasnya.

Sejak pagi tadi warga pesisir terutama para pemilik warung wisata tepi pantai sudah bergotong royong membersihkan sampah-sampah itu. "Kita kumpulkan dan bakar, karena ini kebanyakan sampah kayu batang yang terbawa oleh luapan sungai, semoga sore ini selesai," pungkasnya.

sukabumiupdate.com


BERITA TERKAIT