• BADAN antariksa Amerika Serikat atau NASA telah merilis foto-foto citra satelit yang menunjukkan deforestasi di sejumlah wilayah Papua, Indonesia.
  • Inovasi Cabai PaKu yang diinisiasi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulonprogo ditetapkan sebagai pemenang Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021
  • Pada tahun 2021 ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal melakukan merger atau penggabungan ratusan perguruan tinggi swasta (PTS). Tak tanggung-tanggung, sekitar 308 PTS di Indonesia akan digabung guna memperbaiki mutu pendidikan di perguruan tinggi.
  • Aplikasi Visiting Jogja wajib digunakan oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di DIY bersama aplikasi PeduliLindungi.
  • Banyak benda bersejarah Indonesia yang tersebar di berbagai museum besar di berbagai negara, salah satunya di Museum Inggris. Musem ini menyimpan lebih dari 2.000 benda yang terkait dengan Thomas Stamford Raffles, Letnan Gubernur Hindia Belanda 1811-1816.
  • LOKA Penelitian Teknologi Bersih Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LPTB – LIPI) menciptakan teknologi daur ulang limbah masker sekali pakai. Dengan demikian tidak menimbulkan timbunan sampah yang berbahaya bagi lingkungan.
  • Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,56 LS dan 110,58 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km arah Selatan Kota Wonosari Gunung Kidul pada kedalaman 61 km.
  • Museum Sangiran Sragen kembali ditutup untuk wisatawan setelah lebih dari dua bulan dibuka, tepatnya pada 10 April 2021 lalu. Sragen yang ditetapkan sebagai zona merah persebaran Covid-19 menjadi alasan ditutupnya wisata Sangiran.
  • Tanggul laut di pesisir Pantai Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan jebol akibat dihantam gelombang yang bersamaan dengan air laut pasang tertinggi. Akibat jebolnya tanggul laut itu menyebabkan air laut masuk ke pemukiman warga Dusun Ketapang Dengklok Kelurahan Cilacap Selatan dan menimbulkan banjir rob.
  • Berdasarkan data Tahun 2019, di Sleman sebanyak 1.000 anak usia 7-18 tahun putus sekolah. Hal itu bukan karena faktor ekonomi, namun lebih banyak anak yang tidak ingin sekolah, bekerja dan disabilitas. Untuk mengatasi itu, Pemerintah Daerah akan memfasilitasi sekolah kejar paket maupun pelatihan.
  • Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) DIY meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis meningkatkan pelayanan publiknya melalui Aplikasi Cerdas Layanan Perizinan Terintegrasi untuk Publik berbasis sistem atau SiCantik Cloud. Selain terus berupaya meningkatkan layanan aplikasi perizinan online tersebut, DPPM DIY tetap memberikan pelayanan secara manual dengan memberikan pendampingan kepada para pemohon izin yang kurang melek teknologi untuk menginput data maupun dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  • Budayawan, politikus kondang Guruh Soekarnoputro mendesak pemerintah agar merawat dan memfungsikan kembali Museum Art Gallery Kraton Kasunanan Surakarta yang kini kondisinya terbengkalai. Padahal di dalam museum tersimpan benda budaya tiada ternilai koleksi benda-benda pusaka milik Kraton Surakarta Hadiningrat.
  • Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi mengajak warga penduduk Kota Yogya agar familiar terhadap aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Hal ini karena layanan yang sifatnya offline di lingkungan Pemkot Yogya berangsur-angsur mulai beralih menuju online melalui aplikasi tersebut
  • Memasuki musim kemarau yang sudah beberapa hari tidak turun hujan, beberapa wilayah di Kabupaten Bantul, seperti sebagian Kapanewon Piyungan, Dlingo, Pandak selatan, Sedayu selatan dan beberapa tempat lainnya debit air irigasinya sudah mulai menyusut. Jika tak patuhi pola tanam, petani terancam gagal panen.
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mencatat jumlah bencana yang terjadi sepanjang tahun 2020. Diketahui bencana tanah longsor dan kebakaran pemukiman mendominaai bencana sepanjang tahun lalu.