Untuk Kedua Kali, Ikan Mola Mola Kembali Terdampar di Teluk Ambon
TERASMALUKU.COM | 02/04/2019 14:40
Untuk Kedua Kali, Ikan Mola Mola Kembali Terdampar di Teluk Ambon
Ikan Mola-Mola ditemukan dalam kondisi mati di perairan Teluk Ambon, Minggu (31/3/2019). FOTO :ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Untuk kedua kalinya sunfish atau ikan Mola Mola ditemukan dalam kondisi mati di perairan Teluk Ambon, Minggu (31/3/2019). Nelayan keramba di Tanjung Martafons Negeri Poka Ambon yang pertama melihat Mola Mola terapung di sekitar keramba ikan.

Ikan bertubuh bulat pipih yang hidup di perairan Nusa Penida itu tercatat sudah dua kali mampir di perairan Ambon. Umar, salah seorang warga yang melihat ikan dari keramba sekitar pukul 13.00.

“Awalnya dari tengah laut didorong sama anak-anak nelayan dari kampung Pisang,” terang Umar. Mereka berniat untuk membawa ikan bertubuh gepeng itu ke darat namun terkendala berat tubuh.

BACA JUGA: Taman Nasional Manusela Bakal Ekspedisi Data Flora dan Fauna Di Murkele

Umar beserta nelayan lain mengaku ini kejadian pertama di wilayahnya. Hal tersebut lantas diteruskan ke pihak terkait untuk identifikasi lanjut.

Wiwit Handayani dari Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (LPSDPL) Sorong Wilayah Maluku, yang datang ke lokasi menjelaskan kondisi ikan mati masih baik. “Perkiraan mati sudah dua atau tiga hari,” jelasnya.

Kulit tubuh ikan dari laut dalam yang tergolong rentan punah itu masih terlihat segar serta tidak mengeluarkan bau. Panjang ikan tersebut 2,28 meter dengan lebar 2,36 meter.

BACA JUGA: Simpan Sampah Bisa Jadi Emas Di Bank Sampah Pohon Pule

“Kami belum bisa beri penyebab kematiannya. Cuma kalau ingin tahu lebih jauh ada pemeriksaan netrofil dan itu rananhnya dokter hewan. Yang pasti besar kemungkinan ikan ini terdampar,” beber Wiwit. Tidak ada penyebab tunggal kematian sejumlah spesies yang akhir-akhir ini terjadi.

Pihaknya bakal bekerjasama untuk memastikan lebih detil penyebab. Apalagi rentan waktu penemuan amat dekat. Kasus pertama pada 11 Januari di Pantai Waihaong. Saat ini bangkai ikan telah diserahkan ke pihak BKSDA Maluku, LPSDPL dan petugas Polsek Teluk Ambon. (PRISKA BIRAHY)

TERASMALUKU.COM


BERITA TERKAIT