Pemkab Pulang Pisau Akan Menggabungkan Sekolah Dasar yang Berdekatan
BORNEONEWS.CO.ID | 24/02/2022 09:51
Pemkab Pulang Pisau Akan Menggabungkan Sekolah Dasar yang Berdekatan

BORNEONEWS, Pulang Pisau  - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang mengatakan pihaknya akan melalukan pengabungan (Regrouping) beberapa sekolah dasar (SD). Ini bertujuan untuk menyelaraskan visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau tahun 2018-2023, salah satunya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), serta yang menjadi urusan wajib pembangunan, khususnya di sektor pendidikan.

”Rencana pengabungan (Regrouping) pada beberapa sekolah dasar (SD) itu untuk menunjang efektivitas dan efesiensi aktivitas belajar mengajar guna meningkatkan kualitas pendidikan," ucap Bupati Pulang Pisau itu. 

Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau mengungkapkan melihat adanya beberapa sekolah dasar di beberapa kecamatan yang peserta didiknya tidak memenuhi standar pendidikan, yakni peserta didiknya kurang dari 60 siswa, menggugah keprihatinannya. Mengingat kata Taty, pendidikan sekolah dasar merupakan kunci keberhasilan menuju jenjang pendidikan selanjutnya.

”Salah satu pekerjaan rumah pemerintah daerah Kabupaten Pulang Pisau saat ini rata-rata lama sekolah masih pada angka 8,18 tahun. Hal ini menunjukkan sebagian besar anak sekolah hanya sampai kelas 3 SMP,” tegas Taty.

Bupati berharap, ke depannya ada peningkatan untuk usia lama sekolah minimal 12 tahun sehingga perlu mencari pola strategis. Untuk mewujudkannya, kata Taty, salah satunya melalui upaya penggabungan (Regrouping) sekolah yang berdekatan untuk dijadikan satu sehingga terbangun efesiensi dan efektivitas sekolah yang memadai dengan tujuan dapat mengatasi permasalahan kekurangan tenaga pengajar, peningkatan mutu pendidikan, serta efesiensi biaya perawatan gedung sekolah.

”Kita akan mulai memetakannya sehingga nantinya dapat diketahui sekolah dasar mana saja yang akan dilakukan pengabungan, termasuk saya akan turun langsung ke lapangan melakukan peninjauan di beberapa kecamatan,” ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulang Pisau Hj Nunu Andriani menyambut baik dan menyampaikan apresiasi tinggi atas inisiasi Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang yang peduli dan perhatian terhadap kondisi dunia pendidikan, khususnya di wilahayah Kabupaten Pulang Pisau. 

”Tentu, ini menjadi suport dan semangat kami untuk segera maping sekolah-sekolah dasar mana saja yang akan diakakan pegabungan, sehingga diharapkan kedepan akan berdampak positif untuk peningkatan kualitas SDM, khususnya siswa Sekolah Dasar,” pungkasnya.

borneonews.co.id


BERITA TERKAIT