Bikin Sedih, Induk Paus Orca Ini Terus Membawa Anaknya yang Sudah Mati dan Enggan Melepaskan
DARILAUT.ID | 13/12/2019 09:30
Bikin Sedih, Induk Paus Orca Ini Terus Membawa Anaknya yang Sudah Mati dan Enggan Melepaskan
Sejumlah paus Orca berenang dekat pantai saat berburu singa laut di Punta Norte, Valdes Peninsula, Argentina, 17 April 2018. Paus orcas setiap tahunnya berburu pada bulan Maret dan April berburu singa laut muda yang sedang belajar berenang. AP

KISAH sedih anak paus orca (Killer Whale, paus pembunuh) yang mati dan masih dibawa induknya kembali terjadi. Kali ini di perairan Pelabuhan Genoa, Italia, awal Desember.

Peneliti Cetacean Quad Finn melalui akun Twitter @Quad_Finn membagikan video dan foto tentang 5 paus orca yang memasuki pelabuhan Genoa.

BACA: Bakamla Tangkap 2 Kapal Jual Beli BBM Ilegal di Perairan Batam

Salah satu orca termuda di kelompok itu telah meninggal. Induk orca tersebut berusaha terus membawa anaknya ke permukaan.

 

2 Tweet @Quad_Finn tanggal 7 dan 8 Desember telah di Retweet 666 kali dan 441 kali, hingga Minggu (8/12).

Petugas penjaga pantai Italia telah mengonfirmasi bahwa anak orca tersebut sudah mati. Tetapi induknya terus membawa dan tidak melepaskan anaknya. Kelompok orca ini masih berada pelabuhan Genoa.

Kejadian serupa pernah terjadi tahun lalu. Induk orca, J35, dengan nama Tahlequah, membawa bayi orca yang sudah meninggal di Southern Resident.

Selama 2 pekan lebih, J35 yang melahirkan pada 24 Juli 2018, belum merelakan kepergian anaknya.

Bersama kelompok J Pod lainnya, J35 membawa bayi orca yang sudah mati. Kesedihan berkepanjangan dialami keluarga paus orca (Orcinus orca).

J35 melahirkan di perairan Victoria, British Columbia. Anak J35 ini sempat berenang bersama induknya dan keluarga orca lainnya. Namun, bayi orca ini tak mampu bertahan hidup.

Ketika tim Center for Whale Research (CWR) atau Pusat Penelitian Paus yang tiba di perairan tempat J35 melahirkan, bayi orca ini sudah meninggal.

Bangkai bayi orca ini beberapa kali tenggelam. Tetap saja sang induk mengambil dan membawa bayinya, dengan cara mendorong.

Keluarga orca J Pod menempuh perjalanan beberapa mil dengan membawa anaknya yang mati, menuju Pulau San Juan, Amerika Serikat.*

DARILAUT.ID


BERITA TERKAIT