Balai TN Taka Bonerate Inventarisasi 15 Jenis Burung Laut
DARILAUT.ID | 15/04/2021 10:52
Balai TN Taka Bonerate Inventarisasi 15 Jenis Burung Laut
Burung Condor Andean. Culture Trip/Colegota / Wikipedia

Darilaut – Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate menginventarisasi sebanyak 15 jenis burung laut. Hasil identifikasi ini berada di wilayah kerja Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tarupa.

Jenis burung yang dijumpai antara lain Cerek Melayu, Cerek Pasir Besar, Gajahan Pengala, Gajahan Kecil, Trinil Pantai dan Trinil Pembalik Batu. Kemudian, Kuntul Karang, Dara Laut Jambul, Dara Laut Bengala, Dara Laut Kecil, Kokokan Laut, Kirik-Kirik Australia, Alap-Alap Sapi, Alap-Alap Kawah, dan Elang Tiram.

Inventarisasi burung pantai dan burung laut berlangsung pada tanggal 6 sampai 12 April 2021.
Lokasi pengamatan berada di Latondu Kecil, Latondu Besar, Bunging Tinabo, Tinabo Kecil, Tinabo Besar, Tinanja, Tarupa Kecil dan Pulau Belang-Belang.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyediakan data potensi jenis burung pantai/burung laut di TN Taka Bonerate,” kata Ketua Tim Rezki Mutmainnah.

Tim masih akan mengidentifikasi lebih banyak jenis burung yang berada di Kawasan TN Taka Bonerate.

Sementara itu, petugas resort Kairatu Balai KSDA Maluku berhasil mendapatkan 2 ekor Nuri Maluku (Eos bornea) dan 3 ekor Perkici Pelangi (richoglossus haematodus). Burung yang dilindungi ini berada dalam mobil Damri Hototolu Bula tujuan Ambon, pada Sabtu (10/4).

Petugas resor telah memberikan pembinaan terhadap kendaraan tersebut terkait jenis satwa yang dilindungi. Terutama jenis burung paruh bengkok.

Namun, pemilik barang bukti tidak diketahui karena menggunakan mobil lain. Saat ini, barang bukti telah diamankan di kandang transit Passo-Ambon.

darilaut.id


BERITA TERKAIT