Paus Orca Kembali Terlihat di Perairan Gorontalo
DARILAUT.ID | 21/04/2021 13:51
Paus Orca Kembali Terlihat di Perairan Gorontalo
Kawanan paus pembunuh, Orca, yang terlihat di perairan Taman Wisata Perairan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, terekam kamera video amatir seorang nelayan setempat, 30 Maret 2020. ANTARA/HO-KKP

Darilaut – Sebanyak 3 ekor paus pembunuh (paus orca) terlihat di perairan Uabanga, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Kemunculan paus orca ini setelah selama tahun 2020 tidak ada laporan atau pun rekaman gambar paus orca di perairan Gorontalo, Teluk Tomini.

Paus orca di Uabanga pertama kali diunggah akun Ibhonez di Facebook tiga hari lalu, Sabtu (17/4).

Pimpinan Miguels Diving Gorontalo Rantje Allen ikut memberikan komentar dan menanyakan lokasi kemunculan paus orca tersebut.

Hendra pemilik akun Ibhonez menjelaskan bahwa lokasi kemunculan paus orca berada di Uabanga.

Video 3 paus orca di Uabanga direkam oleh Rivaldi Musa. Pada Sabtu 6 Maret 2021, Rivaldi sedang memancing ikan di perairan Uabanga. Saat itu, sedang turun hujan.

Kemudian, 3 ekor paus orca terlihat melintas tidak jauh dari perahu yang digunakan Rivaldi untuk memancing.

Rivaldi mengambil telepon genggam miliknya dan langsung merekam paus orca yang sedang melintas.

Menurut Dive Master Yunis Amu, selama tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19, tidak ada laporan kemunculan paus orca di perairan Gorontalo. Jasa wisata selam dan nelayan tidak mencatat kemunculan karena tidak ada yang sempat melihat saat melintas.

Berdasarkan catatan Darilaut.id, kebanyakan rekaman foto dan video kemunculan paus orca di perairan Gorontalo dilakukan jasa wisata selam dan wisatawan. Terdapat sejumlah lokasi penyelaman bawah laut di Gorontalo yang biasanya dilintasi paus orca.

Pada Selasa 19 Februari 2019, paus pembunuh (Killer Whale) terlihat melintas di perairan Olele, Bone Bolango, sebanyak lima ekor.

Kemunculan paus orca ini dilihat nelayan penangkap ikan tuna, Loyan Arsad. Paus pembunuh dengan jumlah 4 ekor, dalam kelompok sendiri.

Lokasi kemunculan, antara perairan Olele dan rumpon. Paus pembunuh lainnya, berada dengan jarak satu mil lebih dari kelompok 4 paus pembunuh.

darilaut.id


BERITA TERKAIT