Hiu dan Pari Terancam Punah Karena Penangkapan Ikan Berlebihan
DARILAUT.ID | 08/09/2021 10:30
Hiu dan Pari Terancam Punah Karena Penangkapan Ikan Berlebihan
Ikan Pari, Bersayap Lebar dan Bergizi Tinggi

Darilaut – Penangkapan ikan yang berlebihan adalah ancaman universal yang mempengaruhi ratusan spesies hiu dan pari.

Sebuah studi global besar-besaran tentang hiu dan pari menunjukkan lebih dari sepertiga sekarang terancam punah.

Profesor Biologi Kelautan di James Cook University, Colin Simpfendorfer, mengatakan penilaian global pertama pada tahun 2014 menyimpulkan bahwa lebih dari 17 persen dari spesies ini terancam punah.

Studi terbaru meningkat menjadi lebih dari 32 persen. Ini termasuk tiga spesies yang sekarang terdaftar sebagai kemungkinan punah, mungkin mewakili kepunahan ikan laut global pertama karena penangkapan ikan yang berlebihan.

Menurut Profesor Simpfendorfer data yang tersedia untuk para ilmuwan tentang hiu, pari, dan chimaera sekarang jauh lebih besar daripada tahun 2014.

“Pada tahun 2014 kami melaporkan 1041 spesies dan menemukan bahwa 181 spesies terancam. Dalam laporan terbaru kami mencakup 1199 spesies, dengan 391 ditemukan terancam,” kata Profesor Simpfendorfer dalam siaran pers yang dikutip dari laman Jcu.edu.au, Selasa (7/9).

Simpfendorfer adalah salah satu penulis makalah yang dirilis hari ini di jurnal Current Biology. Profesor Simpfendorfer tim ilmuwan mengamati hampir 1.200 spesies hiu dan pari dan chimaera yang terkait erat.

Menurut Profesor Simpfendorfer penangkapan ikan yang berlebihan adalah ancaman universal yang mempengaruhi semua 391 spesies yang terancam dan merupakan satu-satunya ancaman bagi lebih dari 67 persen spesies.

“Risiko kepunahan telah meningkat selama abad terakhir dengan pertumbuhan populasi manusia dan intensifikasi terkait penangkapan ikan dan efisiensi teknologi,” katanya.

Profesor Simpfendorfer mengatakan perikanan, dari skala kecil hingga industri skala besar, adalah ancaman utama.

“Hampir semua spesies hiu dan pari diambil secara tidak sengaja oleh perikanan. Tetapi meskipun tangkapannya mungkin tidak disengaja, hiu dan pari sering disimpan untuk makanan dan pakan ternak,” ujarnya.

Penangkapan ikan yang berlebihan, kata Profesor Simpfendorfer, berinteraksi dengan ancaman lain untuk menghasilkan sebagian besar bahaya yang ada.

Terutama pembangunan pesisir (25,8%) dan pertanian/akuakultur (9,5%), efek perubahan iklim (10,2%), dan polusi (6,9%) dengan spesies terancam secara tidak proporsional di perairan pantai tropis dan subtropis.

Profesor Simpfendorfer mengatakan pembatasan berbasis ilmu pengetahuan tentang penangkapan ikan, kawasan perlindungan laut yang efektif, dan pendekatan yang mengurangi atau menghilangkan kepunahan karena penangkapan ikan, sangat dibutuhkan.

“Tindakan segera sangat penting untuk mencegah kepunahan lebih lanjut,” katanya.

Langkah-langkah pengelolaan perikanan – terutama batas tangkapan – telah berhasil membangun kembali dan mengurangi eksploitasi berlebihan pada beberapa spesies di AS, Kanada, Eropa, Australia, dan Selandia Baru.