Hasil Studi, Badai Akan Lebih Banyak di Bumi
DARILAUT.ID | 05/01/2022 11:55
Hasil Studi, Badai Akan Lebih Banyak di Bumi
Bibit siklon tropis di Laut Banda. Kredit: BMKG

Darilaut – Sebuah studi terbaru menunjukkan di abad ke-21 akan terjadi perluasan siklon tropis (badai atau topan) ke wilayah garis lintang tengah, yang meliputi kota-kota besar seperti New York, Boston, Beijing, dan Tokyo.

Menulis di jurnal Nature Geoscience, penulis studi tersebut mengatakan siklon tropis dapat bermigrasi ke utara dan selatan di belahan masing-masing, karena planet ini menghangat sebagai akibat dari emisi gas rumah kaca antropogenik.

Badai subtropis tahun 2020 Alpha, siklon tropis pertama yang diamati mendarat di Portugal, dan Badai Henri tahun ini, yang mendarat di Connecticut, mungkin menjadi pertanda badai semacam itu.

“Ini mewakili risiko perubahan iklim yang penting dan diremehkan,” kata penulis pertama Joshua Studholme, seperti dikutip dari Phys.org.

Studholme adalah seorang fisikawan di Departemen Ilmu Bumi dan Planet Yale di Fakultas Seni dan Sains, dan penulis yang berkontribusi di Panel Antarpemerintah Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Penelitian ini memprediksi bahwa siklon tropis abad ke-21 kemungkinan akan terjadi pada rentang garis lintang yang lebih luas daripada yang terjadi di Bumi selama 3 juta tahun terakhir,” kata Studholme.

Rekan penulis penelitian ini, Alexey Fedorov, seorang profesor ilmu kelautan dan atmosfer di Yale, Sergey Gulev dari Shirshov Institute of Oceanology, Kerry Emanuel dari Massachusetts Institute of Technology, dan Kevin Hodges dari University of Reading.

Peningkatan siklon tropis biasanya disebut sebagai pertanda perubahan iklim, masih banyak yang belum jelas tentang seberapa sensitifnya mereka terhadap suhu rata-rata planet ini.

Pada tahun 1980-an, rekan penulis studi Emanuel menggunakan konsep termodinamika klasik untuk memprediksi bahwa pemanasan global akan menghasilkan badai yang lebih hebat—prediksi yang telah divalidasi dalam catatan pengamatan.

Namun aspek lain dari hubungan antara siklon tropis dan iklim masih kekurangan teori berbasis fisik. Misalnya, tidak ada kesepakatan di antara para ilmuwan tentang apakah jumlah badai akan bertambah atau berkurang saat iklim menghangat, atau mengapa planet ini mengalami sekitar 90 peristiwa seperti itu setiap tahun.

“Ada ketidakpastian besar tentang bagaimana siklon tropis akan berubah di masa depan,” kata Fedorov.

Namun, menurut Fedorov, beberapa bukti menunjukkan bahwa kita dapat melihat lebih banyak siklon tropis di garis lintang tengah. Bahkan jika frekuensi total siklon tropis tidak meningkat, yang masih diperdebatkan secara aktif.

Ditambah dengan perkiraan peningkatan intensitas siklon tropis rata-rata, ini temuan menyiratkan risiko yang lebih tinggi karena siklon tropis di iklim pemanasan Bumi.

Biasanya, siklon tropis terbentuk di lintang rendah yang memiliki akses ke perairan hangat dari lautan tropis dan jauh dari dampak geser aliran jet—pita angin barat-ke-timur yang mengelilingi planet ini.

Rotasi bumi menyebabkan gugusan badai petir berkumpul dan berputar membentuk pusaran yang menjadi siklon tropis. Mekanisme lain dari pembentukan badai juga ada.

Saat iklim menghangat, perbedaan suhu antara Khatulistiwa dan kutub akan berkurang, kata para peneliti.

Pada bulan-bulan musim panas, dapat menyebabkan melemahnya atau bahkan terbelahnya aliran jet, membuka jendela di garis lintang tengah untuk membentuk dan mengintensifkan siklon tropis.