Fenomena Langit Akhir April, Bulan dan 4 Planet Terlihat Sejajar
DARILAUT.ID | 22/04/2022 15:00
Fenomena Langit Akhir April, Bulan dan 4 Planet Terlihat Sejajar

Darilaut – Planet bergerak mengelilingi Matahari. Seperti halnya Bumi, planet ini bergerak sendiri pada orbitnya.

Dalam perjalanan panjang itu, sesekali sejumlah planet tersebut bersama Bulan akan terlihat sejajar bila dilihat dari Bumi.

Pengamat di Bumi akan melihat pemandangan seperti ini. Fenomena langit tersebut mulai dapat diamati pada 23 April, dini hari.

Sebelum penyelarasan yang tidak biasa dari lima planet yang terlihat di tata surya, empat planet berbaris di belakang bulan seperti bebek, berturut-turut.

Pada 23 April, Saturnus, Mars, Venus, dan Jupiter semuanya akan terlihat di atas cakrawala pada dini hari di belahan bumi utara.

Nantinya, pada pertengahan Juni, Merkurius akan bergabung dalam parade planet ini.

Mengutip Live Science (20/4) penjajaran planet terjadi ketika orbitnya berada di wilayah langit yang sama, jika dilihat dari Bumi.

Penjajaran planet ini tidak terjadi secara teratur. Terakhir kali lima planet sejajar di langit malam pada tahun 2020, sebelumnya penjajaran terjadi pada 2016 dan 2005.

Venus, Mars, dan Saturnus telah menjadi tetangga langit malam sejak akhir Maret. Pada 4 dan 5 April, planet tersebut begitu dekat bila dilihat dari Bumi.

Jupiter mengubah ketiganya menjadi berempat pada pertengahan April. Kemudian, Bulan akan muncul dalam fase seperempat terakhir di sebelah kanan Saturnus pada tanggal 23 April.

Mars akan menjadi titik oranye di bawah dan di sebelah kiri Saturnus, sedangkan Venus akan menjadi cahaya yang lebih terang di bawah dan di sebelah kiri Mars. Jupiter akan menjadi yang terendah dan paling kiri di langit.

Direktur pengamatan publik di Planetarium Adler Chicago, Michelle Nichols, mengatakan, cara untuk membedakan planet-planet dari bintang-bintang di langit dengan cahaya.

“Bintang berkelap-kelip,” kata Nichols kepada Live Science. “Planet tidak.”

Planet-planet tersebut paling terlihat di belahan bumi utara satu jam hingga 45 menit sebelum matahari terbit. Bulan akan tetap berada di atas cakrawala hingga 29 April, tetapi keempat planet akan tetap berada di garis kosmiknya hingga awal Juli.

Merkurius akan muncul di garis itu paling cepat 10 Juni di tempat-tempat dengan cakrawala timur yang datar, yang mengarah pada penyelarasan lima planet terakhir.

Planet-planet akan tampak berbaris dari timur ke selatan, kata Nichols. Akhir Juni akan memberikan kondisi tampilan terbaik untuk penyelarasan.

Uranus dan Neptunus juga akan berada di bidang pandang di Belahan Bumi Utara selama penyelarasan. Uranus akan berada di antara Merkurius dan Mars dan akan terlihat di daerah tanpa banyak polusi cahaya.

Teleskop

Mengutip AccuWeather (20/4) Jupiter, Venus, Mars dan Saturnus telah berbaris di langit pagi dan akan terus bersinar berturut-turut sepanjang sisa bulan April.

Kuartet tersebut dapat dengan mudah dilihat tanpa teleskop di langit timur, dan benda langit lainnya akan bergabung pada awal minggu depan.

Bulan sabit akan muncul di dekat keempat planet sekitar satu jam sebelum matahari terbit pada hari Senin, 25 April, dan Selasa, 26 April.

Neptunus akan muncul di dekat Venus dan Jupiter pada 25 April dan 26 April. Namun, akan sulit dikenali karena planet ini terlalu redup untuk dilihat tanpa bantuan teleskop.

Orang yang baru menggunakan teleskop akan mendapat bantuan untuk menemukan dunia yang jauh karena akan muncul langsung di antara Jupiter dan Venus.

Neptunus akan terlihat seperti titik biru kecil, terlihat terpisah dari planet dan bintang lain yang terlihat di area langit ini sebelum matahari terbit.

Planet-planet akan layak dilihat lagi pada pagi hari tanggal 30 April dan 1 Mei karena Jupiter dan Venus melintas sangat dekat satu sama lain.

 

darilaut.id


BERITA TERKAIT