Sekolah Virtual Mengamati Benda Langit dengan Teleskop Terbesar di Dunia
DARILAUT.ID | 13/05/2022 07:40
Sekolah Virtual Mengamati Benda Langit dengan Teleskop Terbesar di Dunia
Ilustrasi galaksi monster XMM-2599 saat membentuk bintang-bintangnya. Kredit: NRAO/AUI/NSF, B. Saxton

Darilaut – European Southern Observatory (ESO) membuka kesempatan bagi guru dan pelajar untuk mengikuti sekolah virtual mengamati benda langit dengan teleskop terbesar di dunia.

Tur virtual ini akan menggunakan teleskop ESO di Chili. Kegiatan akan berlangsung pada Jumat (20/5) pekan depan pukul 15.00 – 16.00 WIB.

Bagaimana umat manusia bisa menjelajahi alam semesta, ketika teknologinya hanya memungkinkan wahana antariksa melakukan perjalanan di dalam Tata Surya?

Jawabannya adalah: dengan mengamati benda-benda langit dengan teleskop terbesar dan tercanggih di dunia.

Mengutip Eventbrite.co.uk ESO sedang membangun dan mengoperasikan beberapa teleskop terbesar di dunia di Gurun Atacama di Chili.

Mata terbesar di dunia, teleskop yang sangat besar adan di sana sekarang.

Untuk itu, bergabunglah dalam webinar ini dalam perjalanan virtual ke Chili untuk mengunjungi teleskop ESO. Melalui acara virtual ini peserta dapat belajar tentang pekerjaan dan kehidupan para astronom di salah satu tempat terkering di Bumi.

Meskipun prinsip-prinsip cara kerja teleskop telah dikenal selama lebih dari 400 tahun, selalu ada tantangan baru yang harus dihadapi dan masalah yang harus dipecahkan dalam pembangunan teleskop yang semakin besar.

Bagaimana ini ditangani oleh para teknisi ESO, sehingga teleskop berbasis darat dapat mengambil gambar hampir setajam teleskop ruang angkasa. Ini akan ditampilkan secara virtual.

Dalam kegiatan ini, guru dan pelajar muda berusia 14 hingga 19 tahun diundang untuk menghadiri acara virtual mengamati benda-benda langit.

“Ruang itu besar. Anda tidak akan percaya betapa sangat, sangat, sangat besar itu” tulis Douglas Adams, The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy.

 

darilaut.id