Bumi Disambar Petir 20 Juta Kali Setahun, Ini Manfaatnya
DARILAUT.ID | 25/07/2022 08:58
Bumi Disambar Petir 20 Juta Kali Setahun, Ini Manfaatnya
Ilustrasi hujan petir di Jakarta. Dok.TEMPO

Darilaut – Dalam setahun diperkirakan Bumi disambar petir hampir 20 juta kali. Hasil studi menemukan manfaat mengejutkan dari petir.

Apa tujuan dari petir? Itu mungkin terdengar seperti pertanyaan yang sangat filosofis. Tetapi para ilmuwan mungkin telah menjelaskan lebih banyak jawaban dengan hasil penelitian terbaru.

Mengutip Accuweather.com, studi yang diterbitkan Science April lalu menemukan bahwa petir mungkin memainkan peran yang lebih besar dalam perubahan iklim global daripada yang sebelumnya diketahui oleh komunitas ilmiah.

“Petir meningkatkan kemampuan atmosfer untuk membersihkan dirinya sendiri,” tulis para peneliti dalam studi tersebut.

Banyak yang mengetahui bahaya yang berpotensi mematikan yang ditimbulkan oleh petir, yang disalahkan atas rata-rata 43 kematian di Amerika Serikat setiap tahun, berdasarkan data dari tahun 1989 hingga 2018.

Meskipun kemungkinan tersambar cukup rendah — 1 dari 1.222.000 pada tahun tertentu dan 1 dari 15.300 seumur hidup — banyak komunitas cuaca telah lama mendesak orang untuk mengambil tindakan pencegahan yang tepat agar tetap aman di tengah badai, yang sering dapat memicu petir, bahkan tanpa menjadi parah.

Namun, para peneliti baru-baru ini menemukan dampak mengejutkan dan menguntungkan dari petir.

Menurut National Weather Service, Bumi disambar petir hampir 20 juta kali setiap tahun, dan sambaran petir dapat melakukan perjalanan sejauh 10 hingga 12 mil dari badai, langsung memanaskan udara hingga 50.000 derajat Fahrenheit.

Pada dasarnya, petir terjadi karena penumpukan muatan listrik di atmosfer. Untuk menyeimbangkan muatan yang berbeda, petir dipicu antara dua awan atau antara awan dan tanah.

Penelitian yang mencakup kontribusi dari sembilan peneliti atmosfer yang berbeda di hampir selusin universitas dan badan meteorologi, didasarkan pada penelitian penerbangan udara yang dilakukan oleh pesawat pengejar badai DC-8 NASA pada tahun 2012.

Pesawat itu digunakan untuk memeriksa bagian atas awan badai, yang dikenal sebagai landasan.

Menurut Dr. William Brune, seorang profesor meteorologi dan ilmu atmosfer di Pennsylvania State University dan rekan penulis studi tersebut, para peneliti awalnya mengira ada masalah dengan peralatan di pesawat, yang digunakan untuk mengukur radikal hidroksil (OH) di atmosfer sampai mereka menyadari lonjakan yang diamati berhubungan dengan kilatan petir, ABC News melaporkan.

Radikal hidroksil, digambarkan sebagai “pemulung kimia” oleh Science Direct, adalah senyawa kimia penting yang ditemukan di atmosfer karena sifat reaktifnya dengan molekul organik lainnya.

Para peneliti sebelumnya memahami bahwa petir dapat membantu membersihkan atmosfer. Tetapi tidak ada bukti bahwa petir dapat menghasilkan senyawa seperti radikal ini.

Data menunjukkan lonjakan mengejutkan hingga 1.000 radikal hidroksil lebih banyak dari nilai normal.

“Belum pernah ada yang melihat sebanyak itu di atmosfer dari proses alami,” kata Brune.

Studi memperkirakan antara 2% dan 16% pengoksidasi atau pembersihan yang terjadi secara alami di atmosfer Bumi, dilakukan oleh petir.

Mengapa ini signifikan? Proses oksidasi membantu mengurangi bahan kimia seperti karbon monoksida dan metana di atmosfer.

Bahan kimia ini yang dikenal sebagai gas rumah kaca, telah terbukti berkontribusi pada peningkatan suhu yang terkait dengan perubahan iklim.

Para peneliti mengatakan perlu lebih banyak penelitian perlu dilakukan untuk memverifikasi sejauh mana petir berkontribusi dalam memerangi perubahan iklim global.

**