Pekan Ini Supermoon Terakhir Tahun 2022
DARILAUT.ID | 10/08/2022 21:39
Pekan Ini Supermoon Terakhir Tahun 2022
Fenomena Bulan Supermoon menghiasi langit Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu, 8 April 2020 dini hari. Sekitar 9 jam setelah bulan berada di perigee disusul bulan purnama Pink Moon, Egg Moon, dan Grass Moon di negara-negara empat musim. ANTARA/Rahmad

Darilaut – Supermoon yang dikenal dengan sebutan Sturgeon Full Moon dapat dilihat bulan Agustus, pekan ini. Bila anda tidak sempat melihat supermoon bulan Mei, Juni dan Juli, pada Kamis 11 Agustus 2022 akan menjadi yang terakhir dari empat bulan berturut-turut.

Mengutip Space.com, bulan purnama terjadi ketika Bulan dan Matahari saling berhadapan dan sinar matahari menyinari bulan secara langsung. Dengan demikian, mungkin sulit untuk melihat fitur di permukaan bulan secara detail selama bulan purnama karena kurangnya bayangan.

Supermoon akan menampilkan penampilan terakhirnya yang merupakan salah satu pertunjukan cahaya astronomi yang paling dinanti tahun ini. 

Meskipun perbedaannya sangat kecil, supermoon sedikit lebih besar dan lebih terang daripada bulan purnama lainnya sepanjang tahun.

Namun, beberapa pengamat bintang tidak akan menyukai kecerahan ekstra karena malam saat bulan purnama terbit.

Mengutip Accuweather.com bersamaan dengan Supermoon juga akan terjadi puncak hujan meteor Perseid yang popular. Hujan meteor ini akan mencapai klimaksnya pada Kamis malam hingga Jumat dini hari.

Perseid bisa menjadi salah satu hujan meteor teratas tahun ini, dengan lebih dari 60 meteor per jam dalam kondisi ideal. Tetapi cahaya dari bulan purnama akan lebih terang dari semua kecuali meteor yang paling terang.

Para ahli mengatakan bahwa hujan meteor masih layak untuk ditonton, tetapi pengamat memperkirakan jumlah bintang jatuh jauh lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Untuk peluang tertinggi melihat meteor, yang terbaik adalah fokus pada area langit yang lebih gelap tanpa supermoon terlihat.

Selain supermoon, bulan purnama minggu ini memiliki beberapa julukan lain yang berasal dari ratusan tahun yang lalu berdasarkan peristiwa di alam selama bagian akhir musim panas.

Menurut Old Farmer’s Almanac julukan paling umum untuk bulan purnama Agustus adalah Sturgeon Moon, karena bulan itu dikatakan sebagai waktu terbaik dalam setahun untuk menangkap ikan besar di Great Lakes dan Lake Champlain.

Nama lain untuk bulan purnama pada bulan Agustus termasuk Bulan Jagung, Bulan Ceri Hitam dan Bulan Bayangan Gunung.

Setelah bulan ini, supermoon berikutnya tidak akan terbit hingga 3 Agustus 2023.

 

**


BERITA TERKAIT