Padang Pariaman Punya Alat Baru Pendeteksi Gempa dan Tsunami, Ini Kelebihannya
LANGGAM.ID | 16/06/2021 10:04
Padang Pariaman Punya Alat Baru Pendeteksi Gempa dan Tsunami, Ini Kelebihannya
Sejumlah pohon rusak karena terkena tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten, Rabu, 2 Januari 2019. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan hingga H 11 bencana jumlah korban jiwa tsunami Selat Sunda telah mencapai 437 orang. ANTARA

Langgam.id – BPBD Padang Pariaman kini memiliki alat Warning Receiver System (WRS) dari BMKG. Alat pendeteksi gempa dan tsunami itu diterima dari BMKG pada Senin (15/6/2021).

“Alat ini merupakan generasi baru peralatan penerima informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami berupa Smart Display,” kata Kepala BPBD Padang Pariaman, Budi Mulya.

Keberadaan alat tersebut akan membantu pemangku kepentingan mengambil langkah setelah menerima informasi gempa bumi dan peringatan dini. Alat baru ini juga punya kelebihan dibanding yang sudah ada selumnya.

“Perbedaan dan kelebihan WRS New Generation, adalah adanya informasi gempabumi yang real time, merupakan terobosan baru dari BMKG untuk penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami,” ungkapnya.

Aplikasi yang ada pada alat itu juga beroperasi otomatis ketika komputer dinyalakan. Alat ini akan diaktifkan selama 24 jam. WRS New Generation ini dari software, hadware, perangkat komunikasi dan perangkat support (UPS).

“Perangkat baru adalah penyempurnaan dari perangkat lama yang mengirim sinyal digital video, sedangkan perangkat baru mengirim sinyal yang lebih cepat,” kata dia.

langgam.id