UM Sumbar Bakal Dirikan Fakultas Kedokteran Hewan Pertama di Sumatra Barat
LANGGAM.ID | 21/07/2021 17:17
UM Sumbar Bakal Dirikan Fakultas Kedokteran Hewan Pertama di Sumatra Barat
Dokter hewan BKSDA Taing Lubis memantau kondisi beruang madu yang terkena jerat di Kantor BKSDA Aceh di Banda Aceh, Jumat, 11 Desember 2020. Kredit: Antara Aceh/M Haris SA

Langgam.id – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UM Sumbar) Dr. Riki Saputra, MA menyebut, tingginya minat masyarakat memiliki hewan peliharaan di masa pandemi tidak diimbangi dengan jumlah dokter hewan yang cukup.

“Di pandemi ini saya lihat semakin banyak yang memelihara hewan untuk menemani aktivitas di rumah. Tapi dokter hewan untuk Sumbar saja bahkan kita kekurangan,” kata Riki saat menjadi bintang tamu dalam Podcast Langgam yang tayang di Youtube Langgam.id.

Atas dasar itu, katanya, UM Sumbar dalam waktu dekat akan membuat Fakultas Kedokteran Hewan.

“Sumbar malah kekurangan dokter hewan. Fakultas Kedokteran Hewan ini adalah salah satu upaya kita untuk mengatasi hal tersebut,” katanya.

“Jika hal itu terealisasi, UM Sumbar akan menjadi kampus swasta pertama di Pulau Sumatra yang punya Fakultas Kedokteran Hewan, sekaligus menjadi yang pertama di Sumbar,” sambung Riki.

Riki menyebut, nantinya Fakultas Kedokteran Hewan ini akan berada di kampus 4 di Payakumbuh.

“Payakumbuh dan Limapuluh Kota ini terkenal dengan kota peternakan, jadi rencananya nanti di sana akan kita bikin,” terangnya.

langgam.id


BERITA TERKAIT