Wako Payakumbuh Canangkan Pupuk Organik NPK Taniku di Padang Kaduduak
LANGGAM.ID | 21/07/2021 21:20
Wako Payakumbuh Canangkan Pupuk Organik NPK Taniku di Padang Kaduduak
Berharap Pertamina EP Asset 4 Beri Bantuan Pupuk Organik

Langgam.id – Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi melakukan pencanangan pupuk organik NPK Taniku di lahan tanaman jagung kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Rabu (21/7/2021).

Pencanangan pupuk organik NPK Taniku ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen jagung.

Riza mengatakan, bahwa pupuk organik NPK Taniku ini merupakan pupuk asal Jepang yang distributornya berada di Kota Padang.

“Pupuk organik ini, meskipun masih tahap uji coba, namun penggunaannya sudah dimanfaatkan di beberapa tempat seperti di Sawah Padang dan Bukit Sitabur di lahan yang dikelola oleh UPTD.

Ia mengharapkan, dengan dilakukan pencanangan pupuk organik ini, nantinya petani dapat merasakan peningkatan hasil panen jagungnya. Kemudian, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Pada kesempatan itu, Riza menyempatkan untuk melakukan gotong royong dan penanaman pohon di sekitar lokasi pencanangan.

Kadis Pertanian Payakumbuh Depi Sastra menambahkan, untuk pengaplikasian pupuk organik ini pada jagung, cukup dua kali dalam masa tanam hingga panen. Satu kali masa tanam hingga panen jagung membutuhkan waktu sekitar 3,5 bulan.

Ia menjelaskan, bahwa pupuk diberikan setelah usia jagung masuk satu bulan. Kemudian setelah itu, usia dua bulan lebih kembali diberikan.

langgam.id


BERITA TERKAIT