BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem dan Banjir di Sumbar Sepekan ke Depan
LANGGAM.ID | 16/08/2021 20:15
BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem dan Banjir di Sumbar Sepekan ke Depan
Ilustrasi cuaca mendung. ANTARA FOTO

Langgam.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem di sejumlah provinsi, termasuk Sumatra Barat (Sumbar). Cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi pada 15-20 Agustus 2021.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, provinsi yang diperkirakan akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yakni Aceh, Sumatra Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat. Lalu Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Akibat hujan dengan intensitas lebat, kata Guswanto, sejumlah daerah juga berpotensi mengalami banjir atau banjir bandang. Daerah tersebut yaitu Riau, Sumbar dan Jambi.

Ia mengatakan, BMKG mengamati adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan barat Sumatera Barat dan dari Riau hingga Sumatera Utara yang dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan.

“Adanya kondisi-kondisi dinamika atmosfer tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan pada periode satu pekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia,” katanya.

langgam.id


BERITA TERKAIT