UNP Buka Prodi Kedokteran Olahraga di Bukittinggi dan Padang
LANGGAM.ID | 18/10/2021 09:02
UNP Buka Prodi Kedokteran Olahraga di Bukittinggi dan Padang

Langgam.id – Universitas Negeri Padang (UNP) akan membuka program studi kedokteran olahraga (sport medicine). Ide ini atas dasar kurangnya dokter umum di bidang tersebut.

Hal ini disampaikan Rektor UNP Ganefri saat menghadiri Tour Golf Tournament 2021 di Kepulauan Riau dalam rangka ulang tahun Universitas Negeri Padang ke-67, Minggu (17/10/2021).

“Rencana ini sudah dipersiapkan sejak tahun 2018. Nanti akan kita pusatkan di dua tempat, Bukittinggi dan di Kota Padang,” kata Ganefri.

Dikatakannya, UNP akan terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi dan lulusan. Untuk itu, ia meminta dukungan pemerintah pusat dan daerah dibukanya prodi kedokteran olahraga di UNP.

“Kami minta dukungan dari semua pihak, termasuk pemerintah pusat dan daerah. Adanya prodi kedokteran olahraga ini sangat dibutuhkan dan akan memberikan hal yang positif untuk Sumbar ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi menyebut Fakultas Kedokteran Olahraga memang perlu di Indonesia. Mengingat saat ini belum ada universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran Olahraga.

“Maka dari itu alumni UNP harus kompak untuk memberi dukungan terealisasinya Fakultas Kedokteran Olahraga ini,” kata Mahyeldi.

“Tentunya UNP akan lebih maju lagi, bahkan UNP akan membangun Fakultas bidang Kedokteran Olahraga, tinggal menunggu izinnya,” sambungnya.

Saat ini, lanjut dia, UNP sedang berbenah diri untuk bertransformasi dari PTN Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Gubernur Sumbar yakin dengan sudah adanya PTN BH maka UNP akan lebih maju di dunia pendidilan, karena memiliki otonomi yang kuat dalam mengembangkan universitas.

“Sekarang di Sumbar, UNP memiliki mahasiswa terbanyak mengalahkan universitas lainnya. Ini menandakan UNP sudah diminati dari berbagai provinsi, bahkan sampai ke luar negeri,” ucap Mahyeldi.

langgam.id


BERITA TERKAIT