Musim Hujan, Kenapa Tubuh Tak Boleh Basah Kuyup?
TEMPO.CO | 31/10/2018 10:55
Ilustrasi hujan. Physicsworld.com
Ilustrasi hujan. Physicsworld.com

TEMPO.CO, Jakarta - Musim hujan sudah tiba, banyak hal yang harus dilakukan agar tubuh tetap fit. Salah satunya, sebaiknya menghindari hujan. Kenapa?

Baca juga: Musim Hujan: Lakukan 6 Persiapan Ini, Hindari Baju Ketat

Sebagian orang mungkin berpikir, tak mengapa kehujanan karena hujan hanya berupa air yang hanya akan membuat basah. Padahal, efek kehujanan bisa fatal bagi kesehatan.

Jika terpaksa harus pergi keluar ruangan saat hujan, sebaiknya Anda mengenakan sepatu bot dan jas hujan atau payung, atau akan lebih baik untuk menunggu hingga hujan reda dan menjaga diri Anda kering.
Ilustrasi hujan gerimis. REUTERS
Basah kuyup akibat hujan membuat Anda rentan terhadap sejumlah penyakit virus seperti leptospirosis, dan juga dapat menyebabkan banyak infeksi jamur pada kaki dan kuku. Pastikan untuk membawa alkohol, pembersih tangan, dan tisu agar tetap bersih.

Jadi,  saat musim hujan, jika kaki Anda basah, segera cuci dengan air atau alkohol dan bersihkan menggunakan tisu basah. Jika pakaian Anda basah, jangan duduk di ruangan ber-AC. Jika Anda tidak memiliki baju kering ekstra, keringkan badan dengan tisu. Jangan menggunakan saputangan atau handuk karena bisa menyebarkan kuman ke seluruh bagian tubuh. Anda juga rentan terkena flu di tempat umum. 

Baca juga: Musim Hujan, Waspada 7 Penyakit yang Sering Muncul Ini

CLICKTHECITY | PRACTO

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT