3 Indikasi Keuangan Anda Tidak Sehat, Apa Saja?
TEMPO.CO | 09/03/2019 17:30
Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)
Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui sehat dan tidaknya keuangan Anda. Menurut CEO Zap Finance, Prita Ghozie, salah satu cara mudahnya adalah dengan menggunakan teknik financial check up. “Saya yakin banyak orang yang benci dengan kalkulasi dan hitung-hitungan, maka dari itu, Anda bisa memilih teknik financial check up sebagai acuan,” katanya dalam acara Financial Journey yang diselenggarakan pada 9 Maret 2019 di Jakarta.

Baca:Gunakan Celengan Transparan, Intip Cara Ajarkan Anak Soal Uang

Selain menganalisa tanpa angka, teknik ini akan mempermudah Anda karena hanya akan berpacu pada kondisi dan situasi. Lantas, kondisi dan situasi seperti apa yang dimaksud Prita? Prita menyebutkan ada tiga indikator untuk teknik ini. Yang pertama berhubungan dengan keterlibatan Anda dengan hutang. “Nah, coba ditanya kepada diri sendiri, apakah Anda memiliki hutang atau tidak,” katanya.

Menurut Prita, keuangan yang sehat adalah apabila Anda tidak merasa kesulitan dalam hal membayar hutang. Indikator menyebutkan, cicilan kartu kredit dan hutang lainnya tidak boleh melewati satu per tiga gaji. “Perbankan menetapkan hutang dan cicilan seharusnya paling maksimal sepertiga gaji. Jadi, kalau gaji Anda 10 juta tapi hutang Anda 4 juta ke atas, berarti keuangan Anda tidak sehat,” katanya.

Memiliki sisa uang dari hasil penghasilan adalah indikator financial check up lainnya. Menurutnya, orang yang memiliki gaji namun di akhir bulan harus habis dikarenakan kebutuhan, dapat dikategorikan dengan keuangan yang tidak sehat. “Ini berarti, Anda tidak memiliki dana darurat. Contohnya sakit atau liburan. Karena uang sudah terkuras habis untuk kehidupan sehari-hari,” katanya.

Untuk indikator yang terakhir, Anda dapat berkaca pada kepemilikan tabungan dan investasi. Prita mengatakan bahwa angka dari tabungan dan investasi tidaklah penting. Namun, khususnya bagi Anda yang sudah berkeluarga, ini akan sangat membantu dalam meringankan tanggungan. “Kalau Anda memiliki tabungan dan investasi, secara tidak langsung akan membantu untuk masa depan khususnya pembiayaan anak sekolah,” katanya.

Baca: Meisya Siregar jadi Menteri Keuangan di Rumah, Ini Aturannya

“Kalau Anda berhasil melampaui ketiga indikator ini, dapat disimpulkan bahwa keuangan Anda sehat.”

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT