Wisata Kuliner di Tangerang, Sedapnya Pecak Ikan Durian
TEMPO.CO | 23/03/2019 10:23
Pecak ikan dan beragam menu yang tersedia di warung Arsini di Tangerang Selatan. TEMPO | Muhammad Kurnianto
Pecak ikan dan beragam menu yang tersedia di warung Arsini di Tangerang Selatan. TEMPO | Muhammad Kurnianto

TEMPO.CO, Tangerang Selatan - Warga Tangerang punya satu pilihan wisata kuliner yang menggoda. Namanya pecak ikan yang disantap di bawah pohon durian. Salah satu tempat yang menjual pecak ikan di bawah pohon durian adalah warung Arsini yang terletak di Jalan Ranca Bulan, Kelurahan Kranggan, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.

Baca: 3 Potret Generasi Pelestari Kuliner di Festival Jajanan Bango

Pecak ikan banyak diminati karena rasanya segar. Pengunjung bisa memilih aneka ikan pecak, seperti ikan mas, ikan mujair, belut, ikan nila, dan ikan gurame. Harga pecak ikan di warung ini terbilang ringan di kantong karena mulai Rp 12 ribu hingga Rp 45 ribu, tergantung pilihan ikan yang hendak dimakan.

Menu pecak ikan di warung Arsini di Tangerang Selatan. Tempo | Muhammad Kurnianto

"Orang- orang kalau mau ke sini tahunya nama warungnya pecak durian karena warungnya berada di bawah pohon durian," kata Arsini di warungnya, Jumat 22 Maret 2019. Untuk melengkapi sajian pecak ikan, Arsini juga menghadirkan bakwan udang, tumus pare, tumis jamur, ayam goreng, jengkol, pete, dan sayur asem.

Baca juga: Tips Wisata Kuliner Hemat ala Food Blogger Magdalena

Arsini mengaku sudah berjualan pecak ikan selama tiga tahun. Sebelumnya, warung yang dia kelola menjual sop, soto babat dan sayur asem selama puluhan tahun. Arsini kemudian banting setir ke menu pecak ikan karena tak banyak orang yang menjual hidangan itu dan rasanya khas.

Pemilik warung pecak ikan, arsini sedang melayani pengunjung. TEMPO | Muhammad Kurnianto

Bumbu kuah pecak ikan, Arsini menjelaskan, terdiri dari cabai, jahe, jeruk limo dan bawang. Bahan- bahan tersebut dihaluskan kemudian disiram dengan air panas. Pada siang hari biasanya warung pecak ikan durian Arsini ramai pengunjung. "Biasanya orang kantoran yang makan di sini," ucap dia seraya memberitahu warungnya buka mulai pukul 06.00 sampai 18.00.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT