Tips Mengelola Keuangan Selama Ramadan dan Lebaran
TEMPO.CO | 13/05/2019 03:15
Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)
Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)

TEMPO.CO, JakartaRamadan sudah tiba dan Lebaran tinggal hitungan hari. Dibutuhkan kecermatan dalam mengelola keuangan saat THR tiba nanti. Membelanjakan THR, menurut perencana keuangan Ligwina Hananto, tidak salah. Belanja salah satu seni dalam mengambil keputusan. Belanja yang baik adalah yang harganya murah dan dapat banyak itu mitos. Tergantung sudut pandang Anda. Mau mengutamakan kualitas atau kuantitas? Ini bukan soal benar dan salah. Mau belanja barang kelas premium pun boleh, yang penting ada anggarannya dan cukup.

Baca: Selama Ramadan Dewi Sandra Makan 10 Butir Kurma Setiap Hari

Ligwina Hananto mengingatkan para ibu ada tiga kategori pengeluaran yang harus diperhatikan, yakni pengeluaran rutin, lifestyle, dan sosial. "Pengeluaran rutin misalnya untuk makan dan transportasi ke tempat kerja. Selama Ramadan, pengeluaran ini berkurang karena tidak ada makan siang dan jajan. Di sisi lain pengeluaran di rumah meninggi karena belanja lebih banyak untuk menu istimewa buka dan sahur," beber Ligwina dalam gelar wicara "Anti Boncos di Bulan Ramadan" oleh PT Hero Supermarket Tbk di Jakarta, belum lama ini.

Kedua, pengeluaran gaya hidup. Harus diakui, agenda buka puasa bersama selama Ramadan membuat pengeluaran membengkak. "Bagaimana tidak bengkak? Biasanya enggak pernah keluar makan sekarang banyak keluar makan. Biaya yang seharusnya tidak ada menjadi ada. Yang tadinya makan di luar 1-2 kali seminggu jadi lebih sering. Ketiga, pengeluaran sosial seperti sedekah," Ligwina menyambung.

Agar pengeluaran dapat dikendalikan, Ligwina Hananto menyarankan Anda untuk membedakan pengeluaran untuk Ramadan dan Lebaran. Untuk belanja keperluan Ramadan, gunakan penghasilan bulanan. Untuk keperluan Idulfitri seperti biaya mudik, zakat fitrah, angpau untuk anak dan keponakan, pakai saja uang THR. Beda pengeluaran, beda pula sumber keuangannya.

Baca: Intip Pola Makan Pasien Diabetes Selama Puasa Ramadan

Dalam kesempatan itu, Direktur PT Hero Supermarket Tbk., Hadrianus Wahyu Trikusumo, memperkenalkan program Pasar Ramadan 30 Days of Discovery. Hanya dengan berbelanja minimum 300 ribu rupiah, Anda berhak membeli produk tertentu dengan harga spesial. "Selain itu, ada program promosi Tematik 30 Days of Discovery dari 29 April sampai 6 Juni 2019 dengan menghadirkan ribuan produk berkualitas dengan merek terbaik," kata Hadrianus.

TABLOID BINTANG


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT