5 Buah untuk Jaga Kesehatan dan Tambah Energi saat Mudik
TEMPO.CO | 01/06/2019 11:06
Ilustrasi makan buah-buahan. Shutterstock
Ilustrasi makan buah-buahan. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Mengemas bekal menjadi bagian vital sebelum melangsungkan perjalanan mudik. Umumnya, bekal yang disiapkan berupa menu dengan karbohidrat tinggi, seperti biskuit dan camilan kering. Sedangkan buah-buahan sering kali dilupakan dengan alasan tidak tahan lama dan repot karena harus dikupas dan dibuang bijinya.

Baca juga: Jaga Stamina Saat Mudik, Ini Kuncinya

Padahal, merujuk pada sejumlah studi, sebaiknya kita tetap menjaga asupan dalam perjalanan, termasuk kebutuhan vitamin C. Melansir dari Travelounge, berikut lima buah yang tepat untuk menemani perjalanan mudik Anda.

1. Jeruk

Meski kadar vitamin C yang dimiliki jeruk tergolong rendah alias hanya 30 hingga 50 miligram per 100 gramnya, jeruk tetap menyehatkan. Selain memiliki antioksidan, jeruk mengandung vitamin B yang bisa menstabilkan tekanan darah selama di perjalanan.

2. Apel

Dalam 100 gram apel terdapat sekitar 5 miligram vitamin C. Lebih dari itu, apel juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Dikenal pula kaya akan tanin yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, tentu apel sangat baik jika dikonsumsi saat perjalanan jauh.

3. Kelengkeng

Ada sekitar 84 miligram vitamin C per 100 gram kelengkeng. Selain itu, daging buah yang berasal dari daratan Asia Tenggara ini juga mengandung zat-zat yang mengenyangkan seperti sukrosa, glukosa, protein, lemak, serta vitamin A dan B. Tak heran, para penumpang di dalam kendaraan yang mengkonsumsi kelengkeng pun tidak akan merasa cepat lapar.

4. Tomat

Setiap 100 gram tomat memiliki sekitar 34 miligram vitamin C. Selain itu, buah ini juga mengandung protein, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A dan B1, serta bahan beta-karoten jenis likopen hampir 50 persen lebih. Pigmen likopen sendiri terbukti efektif sebagai antioksidan yang mampu melawan kerutan. Bagi mereka yang melakukan perjalanan, tentu membutuhkan tomat karena selalu terpapar sinar matahari, AC dan polusi udara penyebab penuaan dini.

Baca juga: Mudik, Awas Musuh Utamanya Masuk Angin

5. Kiwi

Terdapat 100 miligram vitamin C dalam 100 gram kiwi. Buah ini juga mengandung polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain pembentuk antioksidan. Selain itu, ada kalium, lutein, dan beta-karoten, yang bermanfaat bagi sejumlah organ tubuh. Tak heran, ini sangat menyehatkan jika dikonsumsi dalam perjalanan semalam suntuk karena proses detoksifikasi yang dapat dilakukan olehnya.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | TRAVELOUNGE


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT