Meninggalkan Anjing saat Mudik, Siapkan Makanan dan Jejak Anda
TEMPO.CO | 02/06/2019 11:16
Ilustrasi anjing mengenali emosi manusia. google.com
Ilustrasi anjing mengenali emosi manusia. google.com

TEMPO.CO, Jakarta - Libur lebaran sudah tiba. Apa yang akan Anda perbuat untuk anjing kesayangan, sebelum berangkat mudik ke kampung halaman? Apabila Anda masih merasa bingung, artikel ini mungkin bisa menjadi jawabannya.

Baca juga: Mudik, Hewan Peliharaan Sebaiknya Dibawa atau Ditinggal?

Melansir dari Pet MD dan Dog Tag Art, berikut adalah beberapa hal yang harus dipastikan sebelum meninggalkan anjing dalam jangka waktu yang cukup lama.

1. Menitipkan pada saudara atau tetangga

Menitipkan anjing kesayangan Anda adalah hal pertama yang harus dilakukan. Namun, tidak sekadar menitipkannya begitu saja. Anda juga harus memastikan bahwa anjing Anda sudah familiar dan dekat dengan orang yang akan bersamanya selama beberapa waktu. Contohnya tentu saudara atau tetangga. Mengapa demikian? Sebab anjing bisa mengalami stres berat ketika berada di lingkungan baru dan dikelilingi orang-orang yang asing baginya.

2. Menggantungkan id terbaru di leher anjing

Apabila Anda tidak berada di rumah, kemungkinan untuk anjing pergi dan mencari Anda sangatlah besar. Oleh karena itu, sebelum Anda pergi, baiknya menggantungkan tanda pengenal padanya. Jangan lupa, selain menuliskan nama pemilik, nomor telepon dan alamat rumah, Anda juga harus menginformasikan riwayat penyakitnya. Sehingga apabila ia ditemukan di jalan, ia dapat mendapatkan perawatan dengan sigap.

3. Menyediakan kebutuhan anjing

Apa yang biasa diberikan untuk anjing kesayangan Anda? Mungkin di pagi hari ada sarapan dengan sereal, lalu dilanjutkan dengan permainan lempar bola dan akhirnya ada kudapan di tengah latihan sebelum makan malam. Hal ini pula yang tetap harus Anda perhatikan. Persiapkan segala kebutuhan hariannya, lalu berpesanlah pada pengasuhnya. Dengan demikian, anjing tetap merasa senang dan Anda pun tidak hanya menitipkan ‘beban’ namun penjelasan yang rinci pada teman atau saudara.

Baca juga: Awas Stroke, Dokter Ingatkan Lansia Hindari Dehidrasi saat Mudik

4. Meninggalkan jejak Anda sebelum pergi

Apabila anjing Anda tetap berada di rumah, sementara teman atau saudara hanya akan datang untuk sementara, jangan lupa untuk meninggalkan jejak Anda. Contohnya seperti meletakkan kaus Anda yang di dekat tempat tidur anjing atau tetap menyalakan radio. Dengan demikian, anjing tidak akan merasa kesepian saat berada di rumah sendirian. Mereka akan merasa bahwa aroma pakaian dan suara bising radio telah menghidupkan seisi rumah bak Anda berada disana.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | PETMD | DOGTAGART


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT