Memiliki Makna Penting, Intip Alasan Orang Beli Berlian
TEMPO.CO | 27/08/2019 05:30
Frank
Frank

TEMPO.CO, JakartaBerlian tidak hanya sebagai perhiasan. Menurut PR Manager PT Central Mega Kencana, Nickoline Retna, berlian saat ini diartikan sebagai lambang cinta abadi. "Berlian dibeli sebagai hadiah cinta, baik untuk diri sendiri, pasangan, orang tua, anak, teman dan lain-lain," kata Nickoline dalam keterangan pers yang diterima Tempo pada Senin 26 Agustus 2019.

Nickoline bercerita bahwa pasti ada kisah tersendiri di setiap pembelian sebuah perhiasan berlian. "Misalnya pertunangan, pernikahan," katanya.

Selain berguna untuk hadiah demi menyenangkan orang lain, tidak jarang berlian pun sering dijadikan sebagai hadiah untuk diri sendiri. "Hadiah untuk diri sendiri karena telah mencapai sesuatu misalnya promosi jabatan," katanya.

Sebelumnya, PT Central Mega Kencana, peritel perhiasan di Indonesia menjadi juara tunggal kategori Toko Berlian pada malam penganugerahan Top Brand Award 2019. The Palace National Jeweler, Frank & co., dan Mondial Jeweler secara berurutan menempati posisi pertama hingga ketiga sebagai merek paling dikenal dan paling banyak dibeli oleh masyarakat Indonesia.

General Manager (GM) Frank & co. Ferdy Felano (kanan) menerima penghargaan Top Brand Award 2019 dari Research Director Frontier Group Apipudin. Penghargaan diberikan karena Frank & co. menempati posisi kedua sebagai merek paling dikenal dan paling banyak dibeli masyarakat, dalam kategori 'Toko Berlian.'/Frank & co.

COO PT CMK Petronella Soan mengatakan prestasi timnya itu menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia telah menerima dan menjadikan jaringan toko ritel berlian, seperti PT CMK, sebagai salah satu pilihan utama untuk mendapatkan berlian terbaik sesuai kebutuhan masing-masing orang. "Apresiasi ini akan kami bawa sebagai motivasi untuk terus mendekatkan toko-toko kami kepada pelanggan di berbagai daerah," kata Petronella.

Menurut Petronella, kondisi masyarakat saat ini berbeda dengan 20 tahun lalu, ketika PT CMK merintis usaha mereka. Saat itu, kebanyakan orang membeli perhiasan di toko yang terpercaya selama turun-temurun. "Keberadaan 70 gerai PT CMK di 18 kota berhasil menumbuhkan rasa percaya yang sama terhadap toko ritel berlian seperti kepercayaan itu diberikan kepada toko berlian tradisional," kata Petronella.

Pemimpin redaksi Majalah Marketing Anang Ghozali mengatakan segmen perhiasan berlian merupakan sebuah pasar yang niche. Ia pun menilai bahwa pencapaian PT CMK pada Top Brand Award 2019 termasuk istimewa. "Dibutuhkan sebuah pendekatan yang seimbang di antara strategi pengembangan produk, pelayanan pelanggan, pemasaran, dan ekspansi bisnis agar sebuah merek dapat menjadi yang terdepan di benak masyarakat," kata Anang.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT