Cara Menghitung Kalori yang Terbakar setelah Bercinta
TEMPO.CO | 02/11/2019 13:15
Ilustrasi bercinta. shutterstock.com
Ilustrasi bercinta. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Anda mungkin penasaran dengan seberapa banyak kalori yang terbakar saat bercinta. Menurut para peneliti dari Universitas Montreal di Quebec, Kanada, hubungan seks yang dilakukan selama 25 menit, mulai dari pemanasan hingga akhir dapat membakar hingga 100 kalori pada laki-laki dan sekitar 69 kalori pada perempuan.

“Semakin lama berhubungan, maka semakin banyak kalori yang dibakar,” jelas para peneliti.

Rata-rata orang melakukan hubungan seks selama 10 hingga 57 menit. Namun, semua bergantung pada pemanasan, klimaks, serta orgasme pada masing-masing pasangan.

Para peneliti meminta 21 pasangan untuk berlari di atas treadmill selama 30 menit. Hasil akhirnya dibandingkan dengan saat melakukan hubungan seks selama 25 menit.

Ilustrasi pasangan bercinta. Shutterstock

Partisipan laki-laki menunjukan bahwa berlari selama 30 menit mampu membakar kalori dua kali lipat lebih banyak dibanding berhubungan seks, yakni 276 kalori. Namun, saat ditanya mana yang lebih memuaskan, 100 persen partisipan menjawab berhubungan seks.

“Intensitas saat berhubungan seksual lebih tinggi daripada berjalan kaki sejauh 4,8 kilometer per jam namun kurang dari 8 kilometer berlari per jam,” jelas para peneliti mengenai hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE.

Untuk menghitung berapa banyak kalori yang terbakar saat melakukan hubungan seks dengan pasangan, kalikan waktunya dalam hitungan menit dengan 4,2 untuk laki-laki atau 3,1 pada perempuan. Misalnya, 25 menit dikalikan 4,2 (laki-laki) atau 25 menit dikalikan 3,1 (perempuan).


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT