6 Langkah Menemukan Barang Tertinggal di Pesawat Terbang
TEMPO.CO | 08/02/2020 16:55
Ilustrasi koper beserta isinya. Dok. Samsonite
Ilustrasi koper beserta isinya. Dok. Samsonite

TEMPO.CO, Jakarta - Anda pernah mengalami barang tertinggal dalam pesawat terbang? Mungkin pernah dan bingung harus bagaimana untuk bisa mendapatkan kembali barang yang tertinggal itu.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan segera setelah menyadari ada barang yang tertinggal di dalam pesawat, seperti dilansir dari laman Popsugar.

Segera kembali ke pintu kedatangan
Jika masih berada di bandara dan teringat ada barang yang tertinggal di dalam pesawat, maka cepat kembali ke pintu kedatangan karena masih ada kemungkinan pesawat yang baru ditumpangi sedang dibersihkan setelah semua penumpang turun. Pastikan Anda ingat posisi kursi yang di pesawat agar awak kabin yang membantu dapat menemukan apa yang Anda cari dengan lebih mudah jika mereka langsung mencarinya di tempat duduk Anda.

Tanyakan pada kantor klaim bagasi maskapai
Jika tidak sadar telah meninggalkan sesuatu di pesawat sampai beberapa saat setelah turun dan masih di bandara tapi tidak berada di terminal lagi, kunjungi kantor klaim bagasi maskapai. Sebaiknya, datangi langsung sebelum mencoba menelepon karena interaksi tatap muka biasanya berarti lebih cepat diprosesnya. Mungkin saja saat pesawat dibersihkan dan barang ditemukan, barang itu dibawa ke kantor klaim bagasi maskapai.

Hubungi bandara
Jika Anda sudah meninggalkan bandara, hubungi mereka untuk mengetahui prosedur yang biasanya diikuti oleh lokasi spesifik untuk menemukan barang yang hilang. Isi formulir resmi untuk informasi kehilangan barang. Kunjungi situs web perusahaan penerbangan dan isi formulir yang merinci secara spesifik barang yang hilang, nomor penerbangan, nomor tempat duduk, dan informasi pribadi. Semakin banyak rincian yang bisa diberikan tentang waktu penerbangan, gerbang, bandara, deskripsi barang, dan lainnya, semakin baik.

Tindak lanjuti formulir kehilangan barang ke layanan pelanggan
Hubungi layanan pelanggan penerbangan dan tanyakan langkah-langkah apa yang harus diikuti. Penerbangan yang berbeda mungkin memiliki prosedur yang berbeda. Tanyakan mengenai divisi barang hilang jika maskapai memilikinya. Beritahu mereka Anda juga telah mengajukan formulir mengenai kehilangan barang secara daring. Pastikan untuk meninggalkan informasi kontak yang dapat dihubungi untuk memudahkan perwakilan layanan pelanggan menghubungi jika barang ditemukan.

Lacak perangkat
Beberapa barnag mungkin dikirim kembali ke bandara keberangkatan. Jadi, jika Anda memiliki perangkat yang dapat dilacak, seperti tablet atau ponsel, coba gunakan aplikasi ini untuk mengetahui dengan tepat di mana lokasinya. Sayangnya, jika perangkat dalam mode pesawat terbang, aplikasi pelacakan tidak akan berfungsi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT